Kementerian BUMN Sukses Gelar KAWFEST 2024, Majukan UMKM Lewat Karya Wastra


Jakarta, OG Indonesia --
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerja sama d
engan Dekranas dan enam Perusahaan BUMN Penyelenggara sukses menggelar Kelana Wastra Fashion Fest 2024 atau KAWFEST 2024 yang bertempat di Sarinah, Thamrin, Jakarta, sejak 25-28 April 2024.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita ginting menyampaikan bahwa KAWFEST 2024 terlaksana berkat kolaborasi dari Kementerian BUMN bersama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), enam perusahaan BUMN, yaitu PT Pupuk Indonesia, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Sarinah, PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen), dan PT Superintending Company of Indonesia (Sucofindo), serta UMKM, desainer, dan komunitas pencinta wastra nusantara di Indonesia.

“KAWFEST 2024 merupakan wujud nyata komitmen kami dalam melestarikan dan meningkatkan kecintaan masyarakat, khususnya generasi muda terhadap kain tradisional Indonesia, serta sekaligus memajukan industri fesyen dan UMKM yang bergerak bidang fesyen di Indonesia, melalui School Fashion Design Competition, Wastra Trunk Show, Wastra Market, dan Bincang Wastra,” kata Loto dalam penutupan acara KAWFEST 2024 di Sarinah, Thamrin, jakarta, Minggu (28/4/2024).

“Kami berharap dapat kembali menggelar event serupa di masa datang dengan lebih banyak lagi menggandeng UMKM serta pelaku industri kreatif di bidang fesyen,” kata Loto.

Co-Founder Komunitas IndoRunners Yomi Wardhana mengapresiasi gelaran KAWFEST 2024 yang disebutnya bisa memajukan industri fesyen dan UMKM tanah air. Dalam acara Bincang Wastra di hari terakhir KAWFEST 2024, IndoRunners sekaligus memperkenalkan produk jersey wastra (batik) hasil kreasinya.

“Sebagai bentuk cinta dan melestarikan budaya bangsa, khususnya batik, sudah sejak lama IndoRunners implementasikan running jersey bermotif batik setiap hari batik nasional. Kami merasa, batik sudah tidak dipandang sebagai sesuatu yang formal dan untuk acara tertentu. Olahraga, khususnya berlari, bisa tetap sporty dengan running jersey berbatik #marilari #batikrun,” katanya.

Selama KAWFEST 2024, telah diselenggarakan sebanyak 4 Bincang Wastra dengan melibatkan beberapa pihak yang terdiri dari Hijabers Community dengan tema Tren Kain Wastra dalam Fashion Muslimah, PIMTI dengan Fashion Forward: Kewirausahaan dan Inovasi Industri UMKM Fashion, Keluarga Kita dengan tema Peran Orang Tua dalam Mengenalkan Wastra oada Anak, IndoRunners dengan tema Tren Motif Wastra pada Sports Wear KAWFEST 2024t.

Tidak hanya diisi dengan momen untuk menghargai bakat-bakat muda dalam School Fashion Design Competition, kemeriahan Wastra Trunk Show dan keseruan Bincang Wastra, tetapi juga dilengkapi dengan Bazar Kelana Wastra Fashion Fest atau Wastra Market yang menyediakan lebih dari 1000 produk wastra dari 109 UMKM binaan BUMN. RH Penyelenggara dan PaDi UMKM.

Kementerian BUMN Sukses Gelar KAWFEST 2024, Majukan UMKM Lewat Karya Wastra Kementerian BUMN Sukses Gelar KAWFEST 2024, Majukan UMKM Lewat Karya Wastra Reviewed by Ridwan Harahap on Senin, April 29, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.