Dipusatkan di Manokwari, BPH Migas Resmikan 15 SPBU BBM 1 Harga Sekaligus


Manokwari, OG Indonesia --
Badan  Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) meresmikan secara bersamaan 15 penyalur baru guna mendistribusikan bahan bakar minyak (BBM) 1 harga. Peresmian 15 SPBU tersebut dipusatkan di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Manokwari pada Selasa (24/11/2020).

Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa menjelaskan bahwa peresmian ini untuk mengejar target tahunan yang dicanangkan, yakni sebanyak 83 SPBU BBM 1 Harga yang bakal beroperasi tahun 2020. Sejak dimulai tahun 2017 lalu, sudah ada 209 SPBU BBM 1 Harga yang diresmikan, termasuk 15 SPBU yang baru diresmikan. 

"Untuk tahun ini sudah diresmikan 39, masih kurang 44 lagi”, ujar Fanshurulah. "Kita punya program sampai 2024 ada 500 lokasi BBM 1 harga di lokasi 3T kita wujudkan," tambahnya.

Fanshurullah merinci, dalam peresmian 15 lokasi BBM satu harga ini, terdapat 2 titik penyalur di Papua, 4 titik di Papua Barat, 4 titik di Maluku Utara, dan masing-masing 1 titik di Maluku, NTT, NTB, Bengkulu serta Kalimantan Timur.

Ia mengatakan, dengan bertambahnya titik-titik BBM 1 harga maka bakal ada pertumbuhan ekonomi yang timbul. Karena beban masyarakat terkait biaya BBM bisa lebih kecil. Selain itu, wujud keadilan sosial berbasis dalam keadilan energi terutama di wilayah 3T, tertinggal, terdepan dan terluar juga dapat terwujud.

"Kita balik filosofinya, dimulai dari keadilan untuk bisa menggerakkan pertumbuhan ekonomi, sehingga tidak hanya di pusat-pusat kota, tetapi pinggiran juga tumbuh . Dengan demikian secara otomatis pemerataan juga terselenggara sampai ke pinggiran dan pedalaman, ini bagian dari konsep nawacita presiden di bidang energi," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Papua Barat Mohammad  Lakotani menuturkan bertambahnya penyalur BBM 1 harga di wilayahnya akan sangat membantu masyarakat. Pasalnya, selama ini harga yang harus dibayar untuk masyarakat untuk BBM terhitung tidak murah. Misalnya 1 liter Solar yang memiliki harga Rp 5.150 bisa menjadi Rp. 30-40 ribu, sehingga adanya program ini, harganya bisa sama dengan wilayah Jawa.

"Kami apresiasi, penghargaan dan terima kasih atas nama provinsi Papua Barat dan masyarakat atas BBM 1 harga yang hari ini dipusatkan di Manokwari dan juga kita harapkan peresmian BBM 1 harga meningkatkan pelayanan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita," sebut Lakotani.

Papua Barat menjadi salah satu provinsi prioritas program ini. Sejak tahun 2017-2019, sudah ada sebanyak 11 Lembaga Penyalur BBM 1 Harga. Untuk tahun 2020 sampai 2024, Provinsi Papua Barat memperoleh alokasi penambahan 31 Lembaga Penyalur BBM 1 Harga. R3

Dipusatkan di Manokwari, BPH Migas Resmikan 15 SPBU BBM 1 Harga Sekaligus Dipusatkan di Manokwari, BPH Migas Resmikan 15 SPBU BBM 1 Harga Sekaligus Reviewed by OG Indonesia on Kamis, November 26, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.