Schlumberger Teken MSA Well Testing dan Coiled Tubing dengan Elnusa


Jakarta, OG Indonesia --
 Schlumberger melakukan
 penandatanganan kerjasama dengan PT Elnusa Tbk. Bentuk perjanjian yang disepakati adalah Master Services Agreement (MSA) untuk pekerjaan Well Testing dan Coiled Tubing yang merupakan tindak lanjut dari Master Cooperation Agreement (MCA) yang telah disepakati pada tahun 2018 silam. Penandatanganan kerja sama ini dilakukan secara langsung di Ruang Udaya, Graha Elnusa dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, Kamis (11/2/2021).

Ada beberapa hal yang menjadi fokus utama dalam kerja sama ini, di antaranya peningkatan kapabiltas dan kapasitas Elnusa sehingga dapat membuka peluang dan market baru yang potensinya cukup besar bagi Schlumberger dan Elnusa ke depannya.

Devan Keith Raj, Managing Director Schlumberger menyampaikan bahwa misi utama perusahaannya adalah untuk menciptakan teknologi yang dapat membuka akses terhadap energi untuk kepentingan orang banyak. "Sebagai organisasi, Schlumberger berkomitmen penuh dalam pengembangan komunitas di mana kami beroperasi. Secara khusus dalam kegiatan kami di Indonesia, kami bermaksud untuk mendukung program-program Pemerintah di sektor energi," ucapnya.

Lebih lanjut, Devan mengungkapkan optimismenya terkait kerja sama dengan Elnusa ini, “Kami sangat gembira dengan kerja sama yang saat ini kami jalin dengan Elnusa, mengingat hal ini memberikan kami kesempatan turut berkontribusi dalam upaya pencapaian target 1 juta BOPD yang ditetapkan oleh Pemerintah," tuturnya. 

Dia pun menceritakan bahwa hubungan Schlumberger dengan Elnusa sebenarnya sudah terjalin dengan baik sejak tahun 1985. "Bagi kami, Elnusa merupakan mitra yang ideal. Elnusa merupakan salah satu pelaku industri yang kuat di region ini dan memiliki tujuan, visi dan misi yang selaras dengan kami. Kami percaya bahwa kombinasi dari teknologi dan pengalaman yang kami miliki dengan kehandalan yang dimiliki Elnusa dapat memberikan sumbangsih yang berarti dalam mendukung kesuksesan program-program pemerintah di bidang energi dan kemajuan industri migas Indonesia," paparnya.

Sementara itu Ali Mundakir, Direktur Utama Elnusa menceritakan bahwa sebelumnya Elnusa dan Schlumberger telah menyetujui kerja sama lima lini servis dalam MCA, yaitu reservoir characterization, pengeboran, produksi migas, surface production facilities serta integrated services. "MSA ini merupakan langkah lanjutan, di mana kedua belah pihak sepakat untuk kerja sama dalam lini servis Well Testing dan Coiled Tubing," terang Ali.

Ali mengungkapkan, upaya menggandeng Schlumberger merupakan salah satu langkah strategis Elnusa, sebab Schlumberger memiliki teknologi dan resources yang telah berkembang serta mapan di industri migas. "Kami yakin, ini secara langsung akan meningkatkan kapabilitas Elnusa dalam mendukung sinergi dengan Pertamina dalam menjaga ketahanan energi nasional. Tentu saja kerja sama ini akan menguntungkan semua pihak," pungkas Ali. R1

Schlumberger Teken MSA Well Testing dan Coiled Tubing dengan Elnusa Schlumberger Teken MSA Well Testing dan Coiled Tubing dengan Elnusa Reviewed by OG Indonesia on Kamis, Februari 11, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.