Kebakaran Kilang Balongan, Mensos Tinjau Pengungsi Warga Terdampak


Indramayu, OG Indonesia --
Dalam kunjungannya ke titik pengungsi warga terdampak insiden tanki T-301 di Area Kilang Balongan, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengapresiasi upaya penanganan Pertamina terhadap warga terdampak yang masih berada di GOR Bumi Patra Balongan.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Sosial Tri Rismaharini didampingi Bupati Indramayu Nina Agustina dan Chief Executive Officer (CEO) Refining & Petrochemical Subholding Pertamina, Djoko Priyono dan Direktur Proyek Infrastruktur, Suwahyanto.

"Lokasi pengungsian cukup nyaman buat warga pengungsi dan Pertamina juga akan menyediakan psikolog untuk trauma healing yang dialami warga,” jelas Risma pada Senin (29/3/2021).

Pada kunjungan tersebut, Menteri Sosial (Mensos) ingin memastikan kebutuhan dasar warga terdampak insiden tanki di Area Kilang Balongan tetap terpenuhi. Kepada warga, Mensos menyampaikan simpatinya serta menyerahkan bantuan logistik. Ia berpesan agar warga yang masih mengungsi bersabar menerima cobaan. 

Menjawab pertanyaan media mengenai adanya informasi rumah warga yang mengalami kerusakan, Mensos menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu dan Pertamina untuk menindaklanjuti pengaduan tersebut serta memastikan penanganannya hingga tuntas.

"Sedang dilakukan pendataan oleh Pemkab dan Pertamina, kita lihat nanti, warga pasti akan dibantu," tambah Risma.

Saat mendampingi Menteri Sosial mengunjungi warga yang terdampak, Chief Executive Officer (CEO) Refining & Petrochemical Subholding Pertamina, Djoko Priyono menyampaikan bahwa Pertamina mengedepankan keselamatan warga di sekitar lokasi kejadian. Pada saat kejadian, langkah awal yang dilakukan adalah memindahkan warga sekitar ke lokasi yang lebih aman. 

"Saat ini warga yang terdampak kami ungsikan ke GOR Bumi Patra dan Lapangan Futsal yang lokasinya berdekatan. Harapannya, agar kondisi warga tetap terpantau dan kebutuhannya dapat segera dipenuhi," ujarnya.

Di tempat pengungsian, Djoko menambahkan, Pertamina selalu mengingatkan agar warga tetap menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan Covid 19. Selama di pengungsian warga diberikan bantuan makanan, obat-obatan, serta keperluan emergency lainnya.

“Koordinasi dengan berbagai pihak kami lakukan untuk penanganan dampak insiden. Kami juga memprioritaskan kondisi kesehatan warga selama berada di pengungsian, dan memastikan kebutuhannya logistik mereka terpenuhi,” pungkasnya. R3

Kebakaran Kilang Balongan, Mensos Tinjau Pengungsi Warga Terdampak Kebakaran Kilang Balongan, Mensos Tinjau Pengungsi Warga Terdampak Reviewed by OG Indonesia on Selasa, Maret 30, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.