Pemain Esport Wanita Siap Berlaga di Turnamen Dignity of Srikandi "Kartini Edition" 2021


Jakarta, OG Indonesia --
Perkembangan industri esport semakin berkembang pesat dalam kurun waktu belakangan seiring maraknya turnamen esport di Indonesia. Hal ini membuat para team pemain esport bermunculan meramaikan cabang olahraga berbasis games ini. Jaringan internet yang kian merata membuat esport makin menjamur dan menjadi aktivitas baru di tengah pandemi.

Esport biasa identik dengan dunia kaum pria yang mendominasi dari atlet profesional hingga penonton. Namun kenyataaan hingga kini banyak muncul team atau pemain esport wanita yang hadir bukan hanya sebagai pemanis atau penonton saja dalam ajang ini. Mereka hadir sebagai peserta yang ikut berlaga dalam turnamen padahal sebelumnya kerap dianggap sebagai pihak yang awam. Kehadiran perempuan dalam turnamen esport memberi warna dan menjadi momentum kesetaraan gender untuk meningkat harkat martabat wanita dan melakukan transformasi digitalisasi di Indonesia sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. 

Untuk itu Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) dan Dyandra Promosindo berkolaborasi menyelenggarakan turnamen The First Esports Ladies’ Mobile Legends dalam tajuk Dignity of Srikandi "Kartini Edition" 2021 pada tanggal 27-28 April 2021 secara oflline dan online (hybrid). Acara ini sekaligus sebagai semarak dirgahayu ASENSI dalam Hari Kartini dan bertujuan membentuk ekosistem esport pemain perempuan agar berkompetisi dan berkarir di dunia competitive gaming layaknya pria. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, saat membuka Virtual Opening Ceremony Dignity of Srikandi “Kartini Edition” 2021, Selasa (27/4/2021) siang, mengatakan bahwa saat ini esport telah berkembang bukan hanya sebagai sebuah permainan digital, namun sudah berkembang lebih jauh dalam ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif. Untuk itu Kemenparekraf turut berperan aktif dalam pengembangan industri esport ini. 

"Kemenparekraf mengajak semua elemen berkolaborasi dan bersinergi dalam upaya memajukan industri esport sebagai pengembangan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, diharapkan Dignity of Srikandi 'Kartini Edition' 2021 ini dapat menjadi bukti bahwa talenta pemain wanita tidak kalah dengan pemain pria dan sebagai batu pijakan untuk dapat berkarir dalam di level internasional. Selamat dan sukses untuk ASENSI dan Dyandra Promosindo atas penyelenggaraan turnamen Dignity of Srikandi “Kartini Edition” 2021," ucap Sandiaga.

Sementara itu Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengatakan bahwa gelaran Dignity of Srikandi ini semakin menegaskan komitmen bersama dalam potensi digital Indonesia di bidang esport. "Acara ini yang bertepatan dengan Hari Kartini pada 21 April lalu, dan menjadikan momentum yang tepat bagi kita untuk semakin memperkuat sinergi kita dalam mengajak banyak talenta perempuan untuk bergabung dalam ekosistem esport tanah air agar semakin inklusif," ujar Semuel.

Terkait penyelenggaran turnamen Dignity of Srikandi “Kartini Edition” 2021, Hendra Noor Saleh atau KoHen selaku Presiden Direktur Dyandra Promosindo menjelaskan bahwa dalam  pertandingan menggunakan system double elimination di mana akan ada winner bracket dan loser bracket. "Hanya akan ada empat tim MLBB ladies yang akan bertanding. Format pertandingan menggunakan format best of 3 dari babak awal hingga semi-final dan final menggunakan format best of 5," jelasnya.

Dignity of Srikandi "Kartini Edition" 2021 akan menyiapkan hadiah sebesar Rp 15 juta dan akan ada empat tim profesional yang diundang langsung untuk bermain. Tim tersebut adalah Evos Lynx, Belletron Era, Luna Nera Esport, Morph Akasha dengan jumlah peserta lebih dari 20 peserta.

Susanty Widjaya, Ketua Umum ASENSI mengatakan penyelenggaraan The First Ladies Offline Tournament Dignity of Srikandi “Kartini Edition” 2021 merupakan langkah komitmen dan salah satu karya nyata ASENSI terhadap kontribusi lisensi di industri esports Indonesia melalui turnamen-turnamen esports berkualitas untuk pemain esports wanita di Indonesia. 

Kegiatan Dignity of Srikandi ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia serta turut dimeriahkan para sponsor seperti: Sicepat Express, Mustika Ratu By B.R.A. Mooryati Soedibyo, Yayasan Puteri Indonesia, Mustika Puteri, Jejamu, Taman Sari Royal Heritage Spa, Torabika Creamy Latte dari Mayora, Miranda Hair Color dan Jababeka.  

Perhelatan acara ini juga disupport oleh Tanjung Lesung, Si Mager, RIce Meat Ball, Bakmi Naga Resto, Pramana Hotel & Resort dan Batavia Café serta Rexus sebagai official gaming chair.

Dignity of Srikandi "Kartini Edition” 2021 dapat disaksikan melalui youtube channel: dignity project esport. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai The First Ladies Offline Invited Tournament Dignity of Srikandi “Kartini Edition” 2021 dapat dilihat pada akun resmi instagram @dignityprojectesports, @asensi.id dan @dyandrapromosindo. R3

Pemain Esport Wanita Siap Berlaga di Turnamen Dignity of Srikandi "Kartini Edition" 2021 Pemain Esport Wanita Siap Berlaga di Turnamen Dignity of Srikandi "Kartini Edition" 2021 Reviewed by OG Indonesia on Selasa, April 27, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.