Nah, Perusahaan Angkutan Batu Bara Tidak Keberatan Kok Ekspor Batu Bara Dilarang


Jakarta, OG Indonesia --
Pada tanggal 1 Januari hingga 31 Januari 2022 para pengusaha batu bara dilarang oleh Pemerintah melakukan kegiatan ekspor, dengan ditujukan untuk menjamin ketersediaan pasokan batubara pembangkit listrik dalam negeri.

Direktur PT Batulicin Nusantara Maritim (BESS), Yuliana menyampaikan bahwa perusahaannya tetap berjalan seperti biasa, tidak ada pengaruh signifikan atas ditutupnya keran ekspor batu bara. 

Menurut Yuliana, pemerintah dalam mengambil langkah menyetop ekspor batu bara tentunya telah melakukan kajian yang komprehensif dan tidak asal-asalan, sehingga semua pihak harus menghargai kebijakan tersebut. “Kebijakan Pemerintah tersebut, tidak berdampak atas kinerja keuangan, kegiatan operasional, permasalahan hukum ataupun kelangsungan usaha BESS yang merupakan penyedia jasa pengangkutan batubara,” ujar Yuliana, Selasa (11/1/2022).

Yuliana menambahkan tidak ada perubahan langkah dan strategi dari perusahaannya terkait kebijakan larangan ekspor batu bara ini, sebab BESS dalam mengembangkan usahanya menjalankannya dengan beberapa strategi.

"Kita akan tetap melakukan strategi usaha sesuai dengan yang sudah direncanakan di antaranya menjaga hubungan baik dengan pelanggan, meningkatkan efektivitas usaha dengan pelayanan terbaik dan menjaga ketepatan waktu untuk tiba di perusahaan serta sinergi dengan pelabuhan khusus batubara dengan menyediakan kemudahan bagi pelanggan untuk mengangkut batu bara ke tujuan dengan cepat dan efisien," paparnya.

Terkait pro dan kontra yang terjadi di kalangan pengusaha batu bara saat ini, menurut Yuliana merupakan hal yang wajar terjadi dalam negara demokrasi seperti Indonesia. Apalagi ketika ada kebijakan strategis yang diambil oleh pemerintah untuk mencapai tujuan kepentingan umum.

"Pelarangan ini juga tidak sama sekali berpotensi untuk terjadinya ingkar janji (wanprestasi) ataupun permasalahan hukum lainnya terkait dengan perjanjian yang sedang berjalan hingga saat ini sampai dengan larangan ini dicabut oleh pemerintah," tutup Yuliana.

Sebagai informasi PT Batulicin Nusantara Maritim (BESS) dimiliki oleh Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI), Mardani H. Maming dan Ketua Umum HIPMI Jawa Timur, Rois Sunandar Maming. R2

Nah, Perusahaan Angkutan Batu Bara Tidak Keberatan Kok Ekspor Batu Bara Dilarang Nah, Perusahaan Angkutan Batu Bara Tidak Keberatan Kok Ekspor Batu Bara Dilarang Reviewed by Ridwan Harahap on Selasa, Januari 11, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.