Jalankan Prinsip GCG dengan Baik, PHE Raih Penghargaan Ini


Jakarta, OG Indonesia --
Tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance (GCG) menjadi salah satu aspek penting yang perlu diterapkan oleh berbagai perusahaan. Tak hanya untuk kepentingan perusahaan, tetapi juga untuk menunjang perekonomian negara.

Hal ini telah diimplementasikan dengan baik oleh PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream Pertamina yang telah menjalankan prinsip GCG sejalan dengan tata nilai AKHLAK dan berlaku serta dilaksanakan dalam pekerjaan sehari-hari oleh para Perwira PHE.

Implementasi GCG yang diterapkan dalam proses kerja PHE sebagai bagian perusahaan energi kebanggaan negeri ternyata menjadi perhatian beberapa stakeholder, yaitu Warta Ekonomi, yang dengan mendaulat PHE sebagai salah satu perusahaan yang layak untuk mendapatkan penghargaan dalam ajang Indonesia Excellence Good Corporate Governance 2022: Implementing a Continuous Process, Kamis (24/2/2022). 

Dalam ajang penghargaan yang digelar secara virtual ini PHE berhasil mendapatkan penghargaan untuk kategori Energy and Mining Industry, yang diterima oleh Manager Compilance, Agung Wibowo Suryo Kusumo.

Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi Muhamad Ihsan menjelaskan terdapat tiga aspek utama yang menjadi prioritas dalam memberikan penghargaan ini. 

"Kami ingin mengukur GCG dari berbagai perusahaan. Dengan adanya digitalisasi serta kaum milenial, kita dihadapkan dengan dunia yang makin transparan. Oleh karena itu, GCG sekarang harus dilengkapi legal and regulatory framework, organisasi hierarki, serta monitoring dan internal control yang bagus yang juga didukung dengan transparansi dan akuntabilitasnya yang sejalan dengan digitalisasi. Dengan begitu, langkah kita akan semakin terlihat dan transparan serta semakin terukur," ujarnya.

Gelaran penghargaan ini turut mendapat apresiasi dari Menteri Perindustrian Agus Gumiwang. Pasalnya, GCG merupakan salah satu pilar penting dalam sistem ekonomi pasar. Dia menilai penerapan GCG dapat menciptakan persaingan pasar yang sehat dan iklim usaha yang kondusif.

“Oleh karena itu, diterapkannya GCG oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia sangat penting untuk menunjang kestabilan ekonomi yang berkesinambungan. Manajemen perusahaan harus mampu menyusun strategi yang tepat untuk menghadapi tantangan yang dinamis di masa-masa sekarang dan masa depan dan menjadikan GCG sebagai fondasi dalam memutuskan strategi apa pun yang akan diambil perusahaan,” jelasnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim RI Jodi Mahardi. Menurutnya, GCG dapat menjadi solusi bagi perusahaan dalam menghadapi tantangan pandemi yang memengaruhi tata kelola dan sistem operasi perusahaan, dari penyesuaian pada ritme kerja yang baru, dinamisnya peraturan usaha yang terjadi, serta berbagai tantangan lainnya yang membuat perusahaan perlu terus beradaptasi dengan baik.

“Saya mengucapkan selamat kepada seluruh perusahaan yang hari ini mendapatkan penghargaan. Saya harap perusahaan dapat terus berkembang dengan menjalankan prinsip yang baik dan bekerja dengan hati untuk memajukan bangsa,” ungkap Jodi.

Agung Wibowo Suryo Kusumo selaku Manager Compliance yang mewakili perusahaan untuk menerima penghargaan ini  mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang didapatkan oleh PHE. 

”PHE mendapat penghargaan tahun 2022 atas implementasi tata kelola perusahaan dalam kegiatan bisnis perusahaan. Penghargaan Excellence Good Corporate Governance Implementation on the Company’s Operational Business Process Activity untuk kategori Energy and Mining Industry yang kami terima hari ini merupakan sebuah prestasi bagi kami untuk kami lebih meningkatkan penerapan tata kelola perusahaan yang lebih baik ke depan,” ucap Agung. R1


Jalankan Prinsip GCG dengan Baik, PHE Raih Penghargaan Ini Jalankan Prinsip GCG dengan Baik, PHE Raih Penghargaan Ini Reviewed by Ridwan Harahap on Sabtu, Februari 26, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.