Pemda Banjarnegara Sambut ADB dan Geo Dipa untuk Kembangkan Potensi Panas Bumi


Banjarnegara, OG Indonesia --
Pelaksana Harian (Plh) Bupati Banjarnegara, Syamsudin, menerima Koordinator Program Energi Indonesia, Asian Development Bank (ADB), Florian Kitt, beserta Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero) (“GeoDipa”), Riki Firmandha Ibrahim di Rumah Dinas Bupati Banjarnegara pada Kamis (10/3/2022). Pertemuan tersebut membahas mengenai pembangunan proyek panas bumi yang tengah dilakukan oleh BUMN GeoDipa.

Menurut Syamsudin, dirinya bersama dengan Forkompinda Kabupaten Banjarnegara berterimakasih serta mendorong pembangunan panas bumi yang termasuk program 10 ribu MW Tahap 2 di masa lalu.

“Kami akan membantu semampu kami agar program strategi nasional untuk pemanfaatan sumber daya alam yang ada di Dataran Tinggi Dieng, Geothermal, dapat segera terealisasi dan bermanfaat untuk negeri," ucapnya. 

Syamsudin mengungkapkan bahwa hal tersebut tentu sangat sejalan dengan pengembangan daerah yang dilakukan di Kabupaten Banjarnegara. “Secara khusus tentu kami bermimpi juga, agar Banjarnegara yang memperoleh karunia Tuhan Yang Maha Kuasa bisa menikmati keberadaan potensi energi terbarukan panas bumi yang luar biasa," tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama GeoDipa siap membantu memajukan Banjarnegara, khususnya masyarakat Dieng yang sudah menjadi bagian dari rencana pengembangan perusahaan, “Kami senang mendapatkan dukungan penuh dari Pemda bersama Forkompinda, dan saya yakin kita telah membangun komunikasi yang baik dengan seluruh pemangku kepentingan maupun dengan ADB untuk memajukan Geothermal dan Banjarnegara," Riki Firmandha Ibrahim. 

Riki berharap komunikasi antara perusahaan dengan pihak Pemkab dapat berlangsung terus hingga pengembangan panas bumi di Dieng dapat dilkerjakan secara optimal sesuai dengan potensinya yang mencapai 400 MW. 

Sejalan dengan hal itu, Perwakilan ADB, Florian Kitt, berjanji untuk terus memastikan pengembangan panas bumi di Dieng, dapat berjalan sesuai waktu yang ditentukan. “Kami akan menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ditentukan, serta membina hubungan yang bermanfaat ini. Kami juga berterimakasih juga karena bisa belajar banyak mengenai Banjarnegara," kata Florian.

Dia menambahkan bahwa semangat ini sesuai dengan misi lembaganya untuk membangun infrastruktur yang mumpuni bagi pengembangan Indonesia secara umum maupun Banjarnegara secara khusus. “Kami sangat senang dengan dukungan anda, memang ADB ingin memastikan bahwa kami ingin membangun infrastruktur yang baik di Banjarnegara ini, dan itu tidak bisa terjadi tanpa bantuan Bapak-bapak,” ujarnya.

Menurut Florian, komunikasi yang baik dengan Pemerintah Daerah dapat membuka peluang kerja sama baru, baik di bidang energi maupun dalam program lain yang dapat didukung oleh ADB, seperti penerangan, agrikultur dan irigasi. “ADB tidak hanya di bidang energi tetapi juga bidang lain seperti transportasi, dan smart city," jelasnya.

Dalam peertemuan tersebut juga dihadiri beberapa perangkat Pemda Banjarnegara, seperti Komandan Distrik Militer Banjarnegara 0704 Banjarnegara, Sekertaris Daerah, Inspektur Daerah, Kepala Bagian Operasi Polres Banjarnegara dan Asisten Sekretaris Daerah. Sementara dari GeoDipa beberapa perwakilan lain yang hadir adalah General Manager Proyek bersama Manajer Proyek Dieng. RH


Pemda Banjarnegara Sambut ADB dan Geo Dipa untuk Kembangkan Potensi Panas Bumi Pemda Banjarnegara Sambut ADB dan Geo Dipa untuk Kembangkan Potensi Panas Bumi Reviewed by Ridwan Harahap on Jumat, Maret 11, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.