PPRE Fokus Jadi Kontraktor Tambang Nikel


Jakarta, OG Indonesia --
PT PP Presisi Tbk (PPRE), perusahaan jasa konstruksi terintegrasi berbasis alat berat, mulai fokus pada sektor jasa pertambangan sebagai kontraktor sejak awal 2021. Kini lingkup pekerjaan PPRE pada bidang jasa pertambangan cukup komprehensif.

Direktur Utama PPRE Rully Noviandar mengatakan perusahaan mampu menggarap mulai dari pengembangan infrastruktur pertambangan, seperti pekerjaan pembangunan dan maintenance jalan hauling. Kemudian pembangunan infrastruktur tambang lainnya seperti, stockpile, jembatan, hingga pekerjaan kontraktor pertambangan. Adapun kontraktor pertambangan seperti pengupasan lapisan tanah penutup (overburden) hingga pengangkutan ore nikel (hauling services). 

Hingga Desember 2021, total kontrak baru dari jasa pertambangan telah mencapai Rp2,9 triliun. "Kontrak-kontrak ini mayoritas berasal dari Weda Bay Nickel sebagai kontraktor mining development dan Tambang Nikel Morowali sebagai mining contractor. Dari Weda Bay Nickel, kami telah mengantongi total Rp1,8 triliun hingga Desember 2021, dan mendapatkan tambahan nilai kontrak baru sebesar Rp311 miliar pada Januari 2022 untuk pekerjaan jasa hauling", ujar Rully dalam keterangan resminya, Senin (7/3/2022).

Seperti yang diketahui, Indonesia merupakan pemilik cadangan dan sumber daya nikel terbesar di dunia. Dengan potensi tersebut, peluang Indonesia akan semakin meningkat dengan naiknya harga nikel yang tembus US$24.940 per ton di bursa perdagangan logam dunia.

Harga tersebut hampir mencapai puncak harga tertinggi nikel sejak 2011, yakni US$25.135 per ton. Di sisi lain, dorongan dari pemerintah melalui program hilirisasi hasil tambang yang telah berjalan hingga saat ini telah menghasilkan surplus pada neraca perdagangan dimana terdapat lompatan yang sangat signifikan dari ekspor nikel yang dahulu hanya menghasilkan US$2 miliar per tahun menjadi US$20,8 miliar per tahun.

Rully mengatakan keberhasilan hilirisasi ini akan dilanjutkan juga dengan tambang mineral lainnya seperti bauksit, timah, dan tembaga yang cadangannya juga dimiliki oleh Indonesia dengan jumlah yang besar. 

Kebijakan perluasan hilirisasi tersebut diambil karena pemerintah meyakini bauran energi yang salah satunya melalui Energi Baru Terbarukan (EBT) harus secepatnya dilakukan sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada pasokan batubara dan pengurangan dampak karbon.

Seperti yang juga diketahui, tembaga, bauksit, silika, lithium, dan cobalt merupakan sebagian dari jenis metal penting yang akan digunakan dalam teknologi masa depan serta merupakan elemen vital bagi kebangkitan EBT.

Dengan perolehan kontrak baru pada jasa tambang di 2021, Rully optimistis perusahaan dapat memperoleh lebih banyak kontrak baru di sektor serupa pada 2022.

Dia menambahkan, Weda Bay Nickel menjadi salah satu tambang nikel terbesar di dunia dengan total produksi per tahunnya mencapai 25 hingga 30 juta ton, sehingga menjadi salah satu incaran PPRE untuk mendapatkan peluang pekerjaan sebagai kontraktor utama.

"Tahun lalu Weda Bay bekerja dengan lima kontraktor penambangan untuk mencapai target produksi sebesar 16-20 juta ton. Namun dengan adanya peningkatan target hingga 30 juta ton per tahun, maka Weda Bay juga akan menambah kapasitas kontraktornya. Ini tentunya menjadi salah satu peluang besar bagi PPRE untuk dapat berperan, mengingat kami telah terlibat dalam beberapa lingkup pekerjaan pertambangan lainnya di Weda Bay," tambah Rully.

Selain Weda Bay, perusahaan juga tengah melakukan penjajakan pada beberapa potensi lain untuk tambang nikel maupun mineral lainnya seperti bauksit, silika, dan emas baik di wilayah Sulawesi maupun Kalimantan, dengan lingkup pekerjaan mining development maupun mining contractor.

"Adapun total potensi tersebut dapat mencapai lebih dari Rp5 triliun. Dengan total potensi yang besar tersebut, kami tentunya juga akan meningkatkan kapasitas alat berat kami. Pada 2021, total belanja modal kami untuk alat berat mencapai Rp336 miliar dan akan kami tingkatkan sebesar 20%. Melalui jasa pertambangan, kami berharap PPRE dapat berperan dalam pemulihan ekonomi Indonesia serta memberikan nilai tambah bagi para stakeholders," pungkasnya. R2

PPRE Fokus Jadi Kontraktor Tambang Nikel PPRE Fokus Jadi Kontraktor Tambang Nikel Reviewed by Ridwan Harahap on Senin, Maret 07, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.