PT SMGP Dukung Penuh Ditjen EBTKE dan Polda Sumut Investigasi Kebocoran Gas H2S

Dirjen EBTKE Kementerian ESDM Dadan Kusdiana meninjau lokasi proyek PLTP Sorik Marapi di Mandailing Natal, Sumatera Utara, pada 6 Februari tahun 2021 lalu. Kali itu terjadi paparan gas H2S sehingga mengakibatkan 5 warga sekitar proyek meninggal dunia.

Mandailing Natal, OG Indonesia --
Menyusul adanya laporan dugaan kebocoran gas H2S di Proyek Sorik Marapi, PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) memastikan tidak ada kebocoran gas H2S dari uji sumur AAE-05.

Dalam keterangan media pihak SMGP, Sabtu (12/3/2022), disebutkan bahwa penyelidikan internal yang dilakukan oleh SMGP tetap menyimpulkan bahwa tidak ada kebocoran gas H2S selama pengujian sumur AAE-05 yang saat itu diduga mengakibatkan gangguan kesehatan pada masyarakat di desa Sibanggor Julu. 

"Berdasarkan pantauan terakhir, tidak ada lagi warga yang dirawat di rumah sakit setempat. SMGP berkomitmen untuk selalu memberikan dukungan kepada masyarakat, termasuk bantuan kesehatan," sebut keterangan resmi PT SMGP.

Lebih lanjut dalam keterangan tersebut, saat ini tim gabungan yang terdiri dari Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) dan Laboratorium Forensik Kepolisian Daerah Sumatra Utara sedang melakukan penyelidikan termasuk berkoordinasi dengan pihak Forkompinda Kabupaten Mandailing Natal. Tim juga melakukan pengkajian potensi sumber H2S lainnya di sekitar lokasi. 

"SMGP terus memberikan dukungan penuh terhadap proses investigasi yang sedang berlangsung," lanjut keterangan resmi PT SMGP.

Disebutkan pula bahwa pada 10 Maret 2022, SMGP telah berkoordinasi dengan Gubernur Sumatra Utara dan pemangku kepentingan terkait lainnya termasuk pihak berwenang. SMGP juga mendukung keputusan Pemerintah Provinsi Sumatera dan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal untuk menghentikan sementara uji sumur AAE-05 hingga penyelidikan selesai. Sedangkan kegiatan lainnya berjalan normal sesuai anjuran EBTKE. 

"SMGP akan selalu mengikuti Standard Operating Procedure untuk semua kegiatan operasi yang mencakup pengujian sumur, mempertimbangkan tinjauan ketat oleh EBTKE, dan terus bekerja sama dengan pemangku kepentingan lokal untuk rencana mitigasi yang lebih lengkap dan menyeluruh terkait potensi isu sosial," tutup keterangan resmi SMGP. RH

PT SMGP Dukung Penuh Ditjen EBTKE dan Polda Sumut Investigasi Kebocoran Gas H2S PT SMGP Dukung Penuh Ditjen EBTKE dan Polda Sumut Investigasi Kebocoran Gas H2S Reviewed by Ridwan Harahap on Sabtu, Maret 12, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.