Momen Langka Menteri BUMN Sambangi Serikat Pekerja PLN, Ada Apa?


Jakarta, OG Indonesia --
Ada yang menarik di kantor pusat PLN, Jakarta, pada Kamis (7/4/2022) petang. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir hadir menyapa sekitar 500 pekerja PLN yang tergabung dalam Serikat Pekerja PLN (SP PLN). Selain itu, para pekerja milenial PLN juga turut mengikuti acara yang bertajuk "Erick Thohir Menyapa SP PLN dan Milenial PLN" tersebut.

Kejadian Menteri BUMN menyambangi SP PLN terbilang cukup langka. Erick mengungkapkan bahwa dirinya sempat mendapatkan cerita jika dahulu posisi SP PLN kerap berseberangan dengan Menteri BUMN dan juga Dirut PLN. Namun kini, dia  menjamin hal tersebut tidak lagi terjadi selama dirinya menjabat sebagai Menteri BUMN.

"Dirut (PLN) bisik-bisik, berkenan enggak ketemu sama sahabat pekerja di PLN. Ya berkenan saya, kita ini satu keluarga. Kita enggak mungkin sama-sama membangun sesuatu dengan perbedaan. Harus dengan persamaan, kadang-kadang perbedaan itu terjadi, tapi kita tinggal cari titik temunya," cerita Erick.

Di hadapan para anggota SP PLN dan milenial PLN, Menteri BUMN berjanji akan mengubah kebijakan yang membuat lemah posisi PLN. Oleh karena itu, Erick meminta para pekerja PLN tidak khawatir dan bisa bekerja secara optimal membangun perusahaan energi tersebut.

Erick menegaskan bahwa PLN menjadi jantungnya Indonesia. Apalagi, pertumbuhan ekonomi ke depannya membutuhkan banyak tenaga listrik. Seperti diketahui pemerintah saat ini tengah gencar membangun ekosistem kendaraan listrik.

"Roadmap kita jaga supaya PLN makin kuat. Tidak mungkin saya membentuk holding untuk memperlemah PLN. Juga karena holding itu bukan berarti saya mendukung liberalisasi. Justru kita balik, yang selalu saya bilang, kita harus membangun ekosistem kita sendiri," jelasnya.

Terkait dengan aspirasi Serikat Pekerja soal masalah restrukturisasi, Erick Thohir menjamin tidak akan mengurangi porsi pegawai. Bahkan dengan dengan PLN yang semakin ekspansif ke depan, porsi pegawai akan bertambah. Hal ini tentu dengan jaminan bahwa hak-hak pegawai tidak akan berkurang sedikit pun.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan terima kasih atas kehadiran Menteri BUMN Erick Thohir ke kantor PLN. Ia meyakini kunjungan yang juga disertai sharing ilmu dan pengalaman dari Erick Thohir memiliki arti besar bagi pekerja PLN.

“Beliau memiliki berbagai pengalaman yang luar biasa, termasuk dalam menghadapi perubahan zaman yang cepat dan memnbutuhkan kecakapan sumber daya manusia,” ucapnya.

Darmawan pun menilai Erick Thohir selalu berupaya agar PLN bisa tumbuh selayaknya perusahaan yang sehat dan tetap berkomitmen melayani masyarakat.

Sementara itu Ketua SP PLN, Abrar Ali, menjelaskan kedatangan Menteri BUMN Erick Thohir hari ini untuk memberi pengarahan langsung kepada Serikat Pekerja PLN.

“Saya dapat cerita dari Pak Dirut tentang Pak Menteri. Ternyata roh perjuangan Pak Erick Thohir ini pada prinsipnya sama dengan kami, yaitu memperkokoh dan memajukan PLN,” kata Abrar.

Abrar menilai momen ini sangat langka. Pertemuan ini pun mampu mempererat hubungan antara Serikat Pekerja PLN dan generasi Milineal PLN dengan pemerintah.

“Kehadiran Menteri BUMN merupakan dukungan moril dalam memperkuat hubungan seluruh insan PLN dengan pemerintah,” pungkas Abrar. RH


Momen Langka Menteri BUMN Sambangi Serikat Pekerja PLN, Ada Apa? Momen Langka Menteri BUMN Sambangi Serikat Pekerja PLN, Ada Apa? Reviewed by Ridwan Harahap on Kamis, April 07, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.