Pelayanan BBM Lancar Selama Masa Lebaran, Pertamina Banjir Pujian dari Pengamat


Jakarta, OG Indonesia --
Ma
syarakat Indonesia baru saja melewati kegiatan mudik dan arus balik selama masa Lebaran 2022. Aktivitas masyarakat tersebut berjalan dengan lancar, termasuk ketersediaan pasokan BBM di seluruh wilayah Indonesia yang dilakukan oleh Sub Holding Commercial and Trading (C&T) Pertamina dalam hal ini PT Pertamina Patra Niaga (PPN).

Keberhasilan dalam memberikan pelayanan yang excellence ini tidak terlepas dari kesiapan yang dilakukan oleh PT Pertamina Patra Niaga (PPN) dalam menghadapi hajatan besar yang sempat tertunda selama 2 (dua) tahun terakhir akibat pandemic COVID-19 yang melanda Indonesia. Inovasi yang dilakukan oleh PT Pertamina Patra Niaga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti SPBU Modular dan penggunaan motor untu mengantarkan BBM ke konsumen sangat membantu para pengguna kendaraan bermotor di seluruh wilayah Indonesia.

Asosiasi Pengamat Energi Indonesia (APEI) menilai keberhasilan ini tidak terlepas karena kerja sama yang baik antara PT Pertamina Patra Niaga dengan aparat seperti Kepolisian Republik Indonesia maupun Kementerian Perhubungan. Komunikasi yang intensif juga dilakukan oleh Pertamina Region di seluruh wilayah Indonesia dengan aparatur Pemda setempat. 

Sinergisitas yang dilakukan serta menghasilkan kepuasan masyarakat akan pelayanan sepenuh hati dari Pertamina Patra Niaga dalam menyediakan BBM tersebut mendapatkan apresiasi dari banyak pihak, termasuk APEI. Koordinator APEI Sofyano Zakaria menilai apa yang dilakukan oleh Pertamina Patra Niaga sudah sangat bagus, bahkan luar biasa dan layak untuk mendapatkan apresiasi atas usaha serta kerja keras yang dilakukan.

“Saya mewakili rekan-rekan pengamat khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya menyampaikan terima kasih atas upaya Pertamina Patra Niaga, dalam menjaga pasokan BBM kepada seluruh masyarakat Indonesia selama kegiatan arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini. Hal ini membuktikan ketulusan Pertamina dalam melayani masyarakat. Selama Lebaran kemarin, para pegawai Pertamina baik itu Satgas maupun para petugas SPBU tidak mengambil cuti dan bekerja seperti biasa,” ucap Sofyan, Jumat (20/5/2022).

Mamit Setiawan, Direktur Executive Energy Watch juga menyampaikan apresiasi atas keberhasilan yang dilakukan oleh Pertamina Patra Niaga sehingga tidak menimbulkan gejolak di masyarakat. Selain itu, inovasi yang dilakukan dengan mendirikan SPBU modular di Rest Area yang belum ada SPBU permanen sangat membantu para pemudik.

“Inovasi SPBU modular ini sangat baik sekali dan saya kira bisa digunakan untuk kegiatan masyarakat yang lain seperti Natal dan Tahun Baru. Saya sendiri merasakan manfaat dari inovasi ini di mana saat BBM sudah berkurang bisa mengisi BBM di Rest Area yang terdapat SPBU modular dan saya menjadi lebih tenang untuk melanjutkan perjalanan,” ujar Mamit.

Direktur Executive ReforMiner, Komaidi Notonegoro menyampaikan bahwa di tengah tekanan harga minyak yang tinggi dan kebijakan harga yang masih ditahan untuk menjaga daya beli masyarakat, keberhasilan Pertamina Patra Niaga dalam menjaga pasokan BBM selama mudik lebaran dan arus balik memiliki makna yang sangat penting. 

“Hal tersebut mencerminkan bahwa yang dikedepankan PT Pertamina Patra Niaga adalah ketersediaan BBM itu sendiri meskipun kondisi keuangan mereka relatif tidak baik-baik saja,” jelas Komaidi.

Pendapat serupa disampaikan oleh peneliti dari AEPI, Salamudin Daeng yang menyampaikan bahwa pelayanan PT Pertamina Patra Niaga sudah bagus dan excellence.

“Memang ada beberapa kelamaan dalam pendistribusian, tapi masih wajar. Manajemen dan karyawan telah melakukan tugas dengan cukup baik dan ke depan saya kira akan jauh lebih baik lagi,” kata Daeng.

Defiyan Cori yang merupakan Ekonom Konstitusi menyampaikan bahwa meskipun ada antrian di SPBU, tetapi kendaraan mengular dengan tertib mengisi BBM kendaraan masing-masing karena adanya kepastian persediaan (stock) yang telah dijamin oleh PT Pertamina Patra Niaga. Kalaupun, masyarakat tidak begitu betah dengan adanya antrian di SPBU-SPBU besar, maka layanan Pertashop yang telah tersebar ke pelosok daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) akan mampu melayani sebagian konsumen terdekat.

“Selain itu pelayanan tanggapan cepat/ quick response juga diberikan pada konsumen masyarakat yang terjebak dalam kemacetan dan kebetulan kehabisan BBM segera dilayani oleh mobile BBM-nya dengan mengontak nomor layanan 135. Apresiasi patut diberikan publik atas upaya yang telah dibangun dan dikembangkan PT Pertamina Patra Niaga selama ini dalam melayani masyarakat Indonesia,” papar Defiyan.

Selain itu, Ketua Harian YLKI Tulus Abadi mengatakan bahwa selama pelaksanaan mudik dan arus balik Lebaran tahun ini tidak ada laporan dari masyarakat kepada YLKI terkait dengan adanya kelangkaan BBM di seluruh wilayah Indonesia.

“Hal ini membuktikan kesiapan Pertamina dalam menghadapi hajat tahunan, apalagi tahun ini merupakan tahun pertama dibuka kembali kegiatan mudik setelah dua kali Lebaran masyarakat dilarang untuk mudik. Oleh karena itu, kami mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh PT Pertamina Patra Niaga,” tegas Tulus.

Sementara itu Abra Talattov, ekonom Indef mengatakan, "Saya melihat bahwa arus mudik lebaran tahun ini yang mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah berjalan cukup lancar didukung dengan ketersediaan BBM secara andal yang dipasok oleh Pertamina Patra Niaga."

Menurutnya, momentum mudik lebaran biasanya mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah dan nasional lebih tinggi. "Peran Pertamina dalam memenuhi kecukupan BBM terhadap mobilitas masyarakat selama masa mudik lebaran, artinya juga merupakan wujud kontribusi Pertamina dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional," pungkasnya. RH

Pelayanan BBM Lancar Selama Masa Lebaran, Pertamina Banjir Pujian dari Pengamat Pelayanan BBM Lancar Selama Masa Lebaran, Pertamina Banjir Pujian dari Pengamat Reviewed by Ridwan Harahap on Jumat, Mei 20, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.