Ajang Formula E Berkontribusi Wujudkan Zero Emission


Jakarta, OG Indonesia --
Kehadiran Presiden Joko Widodo pada ajang Formula E Jakarta salah satunya untuk menunjukkan komitmen yang konsisten dalam mewujudkan transisi energi untuk memberikan kontribusi pencapaian  zero emission

Ajang Formula E yang digelar di Jakarta pada 4 Juli disebut sebagai greensportaiment pertama di Indonesia. Konsep zero emission yang diusung dalam ajang tersebut terwujud dari penggunaan kendaraan ramah lingkungan, peniadaan plastik sekali pakai, dan pembangunan sirkuit yang mengedepankan aspek lingkungan. 

Menurut Pengamat Ekonomi Energi UGM Fahmy Radhi, ajang Formula-E yang mengusung konsep sustainable merupakan salah satu kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya beralih ke kendaraan ramah lingkungan. 

"Ajang ini sangat baik untuk membuktikan bahwa kendaraan listrik ramah lingkungan bisa digunakan di arena balap, serta membuktikan bahwa energi listrik yang digunakan di kendaraan bermotor juga aman. Kampanye ini sangat penting untuk mendorong migrasi dari kendaraan fosil ke kendaraan listrik. Pasalnya, sektor transportasi fosil menyumbang sebesar 24,64 persen emisi. Angka tersebut merupakan terbesar kedua setelah industri produsen energi sebesar 43,83 persen. Disusul manufaktur dan konstruksi sebesar 21,64 persen, dan sektor lainnya sebesar 4,13 persen," beber Fahmy dalam keterangannya, Sabtu (4/6/2022).

Fahmy menilai, Pemerintah sudah sangat serius dalam membangun industri mobil listrik di Indonesia. Menurutnya, hal itu terlihat dari ketegasan Presiden Joko Widodo yang melarang ekspor nikel, yang harus dihilirisasi salah satunya untuk menjadi bahan baku pabrik bateri. Kemudian ada pula upaya membangun pabrik baterai di Indonesia, hingga melakukan perbincangan serius dengan Elon Musk yang sudah berpengalaman dalam industri mobil listrik. 

"Pemerintah sangat serius untuk mengundang investor yang sudah berpengalaman. Meskipun Indonesia sudah memiliki pabrik baterai, tapi kita butuh teknologi, dan harus belajar dari negara-negara yang telah berpengalaman seperti Amerika, Korea, Jepang," ucapnya.

Dalam konteks pembangunan keterkaitan industri kendaraan listrik itulah, lanjut Fahmy, kampanye penggunaan kendaraan listrik melalui penyelenggaraan ajang Formula-E di Jakarta memberikan kontribusi sangat signifikan. 

"Sayangnya, tidak semua komponen bangsa mendukung penyelengaraan event international itu. BUMN, utamanya Pertamina dan PLN, seharusnya mendukung penuh penyelenggaraan Formula-E. Tidak hanya untuk menyukseskan penyelenggaraan ajang Formula-E, tetapi juga untuk mendukung komitmen Joko Widodo dalam pembangunan keterkaitan industry kendaraan listrik untuk mewujudkan zero emission," pungkas Fahmy. RH

Ajang Formula E Berkontribusi Wujudkan Zero Emission Ajang Formula E Berkontribusi Wujudkan Zero Emission Reviewed by Ridwan Harahap on Sabtu, Juni 04, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.