Elnusa Tetap Fokus dalam Layanan Jasa Energi


Jakarta, OG Indonesia --
Lima puluh dua tahun PT Elnusa Tbk melalui lika-liku perjalanan panjangnya yang berawal sebagai perusahaan jasa elektronika perkapalan kini bertransformasi menjadi perusahaan jasa energi terkemuka di Indonesia. Berbagai tantangan perubahan zaman dan krisis yang menghadang memaksa Perseroan untuk terus maju melakukan perubahan yang lebih baik lagi.

Corporate Secretary Elnusa, Asmal Salam mengatakan bahwa seiring dengan laju pertumbuhan bisnis perusahaan yang dinamis dan penuh tantangan, Elnusa saat ini tetap fokus dengan mengedepankan prinsip Total Solution. 

"Penerapan prinsip ini tentunya bertujuan untuk memperkuat positioning Elnusa yang selalu berkembang secara adaptif," kata Asmal dalam keterangan yang diterima OG Indonesia, Rabu (15/6/2022).

Asmal menambahkan bahwa di tengah naiknya harga minyak dunia serta seiring dengan membaiknya perekonomian Indonesia, Elnusa optimistis hal tersebut akan mendorong aktivitas di hulu migas sehingga bisa berimbas positif bagi produktivitas Elnusa ke depan. 

"Perseroan secara konsisten terus menjaga kinerjanya melalui optimalisasi strategi diversifikasi portofolio yang dimiliki. Melalui keberagaman diversifikasi portofolio tersebut, Perseroan berkomitmen untuk mendukung transisi energi fosil ke energi terbarukan (EBT), mendukung pengembangan energi baru terbarukan melalui transformasi digital, terus berinovasi dalam menciptakan bisnis yang berkelanjutan, dan menyeimbangkan portofolio untuk saling menopang satu sama lain dari dinamika bisnis untuk mencapai tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi ke depannya," paparnya.

Pada jasa hulu migas, Elnusa tengah mengerjakan Survei Seismik 2D Vibroseis Jawa sepanjang 1000 Km dan masih berlangsung hingga September nanti, selain itu Elnusa juga mengerjakan Survei Seismik  3D di Sumatera dan Seismic 2D OBN Akuisisi, Processing & Reprocessing Data Area Selatan. 

Pada Jasa EPC-OM mengerjakan penyisipan pipa bawah laut untuk main oil line XAP, Maintenance mechanical, electrical & instrument di BP Tangguh LNG Plant, Operation & maintenance penyaluran minyak jalur talang akar pendopo dan south Palembang, Operation & Maintenance serta penanggulangan keadaan darurat - Pertamina Gas Operation Rokan. 

Kemudian pada Jasa Oilfield, tetap stabil mengerjakan pekerjaan workover termasuk didalamnya workover drilling menggunakan Hydraulic Workover Drilling di Blok Mahakam, mendukung pekerjaan drilling pada sumur eksplorasi di area sanga-sanga menggunakan Rig-EMR01 dan semakin optimum mengerjakan pekerjaan Drilling fluid services.

Pada Jasa distribusi & Logistik Energi untuk layanan transportasi, Elnusa mengelola 75 Terminal BBM, 1767 mobil tangki kelola, 11 Stasiun Pengisian Bahan Bakar/ Agen Premium Minyak Solar (APMS) dan mengelola transportasi BBM ke 2185 Pertashop di berbagai wilayah. Sementara untuk Depo Service mengelola 28 VHS, 19 Franco, 7 DPPU Aviasi dan 2 KSO untuk Adaro dan KSO TBBM Tanjung Pandan, mengelola Mini Depot LPG Amurang, 6 LTSA Automatic Tank Gauge (ATG) di berbagai wilayah, Inline Blending Adaro dan mengelola 1 SPBU, 2 SPPBE dan 1 SPPBE.

Sementara Jasa Penunjang Migas seperti Fabrication & Maintenance Services, Elnusa mengerjakan fabrikasi alat (Hydraulic Rig-14 dengan 100% desain mandiri, Pertashop & Mobil Tangki) serta layanan maintenance yang terintegrasi.  

Untuk layanan Marine Support Services, mengoperasikan 20 unit marine services, mengerjakan jasa Dredging di Blok Mahakam serta sukses menyediakan Swamp Work Barge untuk pekerjaan HWU Drilling. Terakhir pada Warehouse, Data Management & ICT Services, 100% terisi penuh untuk document & core storage dan general asset, National Data Repository Pusdatin ESDM, Manajemen data migas terintegrasi –PUDC dan mengerjakan sistem pemantauan manajemen pelabuhan terintegrasi untuk Pertamina.

Asmal mengatakan, melalui kompetensi unggul yang dimiliki serta Transformasi, Inovasi dan Pencapaian yang telah diraih, ini akan menjadi bekal kinerja Elnusa ke depan sekaligus mendukung Pertamina dalam pemenuhan target pemerintah pada pengembangan energi baru terbarukan atau green energy yang ditopang oleh SDM yang berkualitas multi talenta. 

Elnusa yang kini tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina, melihat peluang sinergi semakin terbuka lebar dan semakin optimis dalam mendukung program Pemerintah pada peningkatan produksi minyak 1 Juta Barel per day dan gas bumi 12 miliar standar kaki kubik per hari (MMscfd) pada 2030 mendatang.

 “Ketika kebutuhan migas masih lebih besar daripada pasokan, maka peluang Elnusa sebagai perusahaan jasa energi yang meningkatkan produksi migas, terbuka lebar," pungkas Asmal. RH

Elnusa Tetap Fokus dalam Layanan Jasa Energi Elnusa Tetap Fokus dalam Layanan Jasa Energi Reviewed by Ridwan Harahap on Rabu, Juni 15, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.