Sumur Eksplorasi Kolibri Siap Ditajak Akhir Juni 2022


Bojonegoro, OG Indonesia -- Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) melakukan tinjauan ke lokasi staging area PDSI di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (7/6/2022). Kegiatan ini dalam rangka memastikan program kerja pengeboran sumur eksplorasi yang masif di tahun ini dapat berjalan dengan baik, sehingga diperlukan pemeriksaan persiapan pengeboran sumur eksplorasi Kolibri (KOL)-001. 

Hal ini adalah upaya SKK Migas untuk memastikan semua persiapan berjalan dengan lancar, sehingga dapat dipastikan tajak pada 24 Juni 2022. Terlebih, sumur KOL-001 merupakan sumur eksplorasi pertama yang akan dibor oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PT Pertamina EP Cepu Zona 11 pada 2022.

Pengeboran sumur tersebut akan menggunakan rig PDSI #04.3/N110-M dengan kekuatan 1.500 tenaga kuda (horse power/HP). Kegiatan mobilisasi rig ke lokasi KOL-001 juga sudah mulai dilakukan pada 7 Juni 2022 dan akan berlangsung selama 17 hari. Dari rencana total 156 muatan (load) peralatan rig, sebanyak 14 load telah dimobilisasi ke lokasi sumur KOL-001.

“SKK Migas mendukung penuh proses mobilisasi rig dengan koordinasi ke stakeholders daerah setelah memorandum of understanding (MoU) ditandatangani bersama antara Bupati Bojonegoro dan Direktur Region IV PEPC.” kata Kepala Divisi Operasi Pengeboran dan Perawatan Sumur SKK Migas, Surya Widyantoro, Bojonegoro, Jawa Timur, Selasa (7/6/2022).

Lebih lanjut, Surya mengatakan bahwa untuk mendukung tercapainya target jangka panjang tahun 2030 yaitu produksi 1 juta barel minyak per hari (BOPD) dan 12 miliar kaki kubik gas per hari (BSCFD), SKK Migas dan KKKS telah menyepakati program kerja yang agresif dan masih, salah satunya adalah program pengeboran sumur ekplorasi. 

“Program pengeboran sumur eksplorasi yang agresif tercermn dari jumlah program pengeboran sumur eksplorasi di tahun 2022 yang mencapai 42 sumur, atau lebih banyak dibandingkan realisasi pengeboran sumur eksplorasi tahun 2021 yang berjumlah 28 buah sumur," ujar Surya. 

Surya menambahkan optimismenya bahwa pada tahun 2022 dapat mempertahankan success ratio pengeboran sumur eksporasi tahun lalu yang mencapai 55%. “Dengan jumlah pengeboran sumur eksplorasi yang jauh lebih besar serta success ratio yang tinggi, serta proses belajar dan inovasi-inovasi baru dalam pelaksanaan pengeboran sumur eksplorasi maka diharapkan temuan cadangan migas di tahun 2022 akan lebih baik,” jelas Surya.

Sebagai informasi, sumur KOL-001 terletak di Desa Bondol, Kecamatan Ngambon, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Pengeboran eksplorasi ini dimaksudkan untuk menguji dan mengevaluasi potensi kandungan minyak dan gas yang terdapat pada Formasi Kujung. Sumur tersebut akan ditajak secara vertikal dengan rencana kedalaman akhir sumur di 8.468 ft. RH


Sumur Eksplorasi Kolibri Siap Ditajak Akhir Juni 2022 Sumur Eksplorasi Kolibri Siap Ditajak Akhir Juni 2022 Reviewed by Ridwan Harahap on Jumat, Juni 10, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.