Perairan Kepulauan Seribu Kembali Tercemar Tumpahan Minyak

Foto: Dok. Kabupaten Kepulauan Seribu.

Jakarta, OG Indonesia --
Tumpahan minyak atau oil spill kembali mengotori perairan Kepulauan Seribu, kali ini berada di sepanjang pantai Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara.

Cemaran minyak mentah berwarna hitam pekat atau yang bisa disebut pek oleh warga setempat, tampak mengotori sepanjang pantai di jalan penghubung Pulau Kelapa hingga perairan dangkal di Pulau Harapan. Oil spill bahkan menempel di pepohonan mangrove sehingga mengurangi keindahan pantai.

"Mohon kepada perusahaan minyak atau siapapun yang bertanggungjawab, harus lebih teliti dan sering-sering memeriksa dan memonitor bila ada alat yang telah tidak layak pakai atau mengalami kebocoran, sehingga pencemaran yang terjadi segera ditanggulangi," kata Lurah Pulau Kelapa, Muslim, Rabu (2/11/2022).

Menurut Muslim, pencemaran minyak mentah berupa black tar jangan sampai terlalu lama dibiarkan, karena akan sangat berdampak buruk terhadap kelestarian alam dan kelangsungan hidup biota laut di sekitar perairan Pulau Kelapa, bahkan mengancam aktivitas budidaya ikan para nelayan.

"Bersama lembaga lainnya, kami meminta dengan sangat agar segera dilakukan pembersihan dan pengambilan pek. Pencemaran ini sangat mengancam kelangsungan hidup biota laut dan merugikan aktivitas warga yang sebagian besarnya adalah nelayan," ungkapnya.

Muslim menyarankan agar pihak-pihak yang bertanggung jawab atas terjadinya pencemaran ini untuk melakukan pertemuan-pertemuan dengan pemangku kepentingan di Kelurahan Pulau Kelapa dan Pulau Harapan, mengingat pencemaran juga dapat mempengaruhi aktifitas pariwisata.

"Bila lingkungannya kotor, apalagi di pantai dan laut. Itu sangat berdampak dengan aktifitas wisata. Kita sama-sama tahu. Pariwisata Kepulauan Seribu yang dijual keindahan alam lautnya, maka jika kalau kotor dengan pencemaran minyak mentah, sangat merugikan," tegasnya. Dini

Perairan Kepulauan Seribu Kembali Tercemar Tumpahan Minyak Perairan Kepulauan Seribu Kembali Tercemar Tumpahan Minyak Reviewed by Ridwan Harahap on Rabu, November 02, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.