Laporan IEA: Konsumsi Batu Bara Cetak Sejarah Tertinggi, Namun Akan Turun di 2025

Foto: Hrp

Paris, OG Indonesia --
Laporan Badan Energi Internasional (IEA) “Coal 2022” menemukan adanya kenaikan 1,2% dalam permintaan batu bara global yang masih tidak sejalan dengan tujuan perjanjian Paris untuk membatasi kenaikan suhu global menjadi 1,5C. Meningkatnya permintaan batu bara global karena guncangan pasokan serta tingginya harga gas menjadi salah satu penyebab utamanya di tengah situasi krisis Ukraina. 

Pembangkit listrik berbahan bakar batu bara global akan mencapai rekor baru sekitar 10,3 terawatt jam tahun ini, sementara produksi batu bara diperkirakan akan meningkat sebesar 5,4 persen menjadi sekitar 8,3 miliar ton, juga tertinggi sepanjang masa, melampaui rekor sebelumnya yang ditetapkan pada tahun 2013. Laporan Badan Energi Internasional (IEA) terbaru memperkirakan konsumsi batu bara akan tetap pada tingkat yang sama di tahun-tahun berikutnya jika tidak ada upaya yang lebih kuat untuk mempercepat transisi ke energi bersih. 

IEA juga mencatat penurunan terjadi dalam perdagangan batu bara termal lintas laut (seaborne coal trade) meskipun permintaan batu bara global meningkat. Menurut data dari kpler, lembaga yang melacak perdagangan batu bara lintas laut, meskipun permintaan tinggi, perdagangan batu bara lintas laut global pada tahun 2022 berada di level 5-8% di bawah tingkat pra-pandemi (2019).

Keisuke Sadamori, IEA’s Director of Energy Markets and Security mengatakan, berdasarkan tren pasar saat ini, laporan tersebut memperkirakan konsumsi batu bara akan tetap flat pada level yang sama hingga tahun 2025 mendatang dan selanjutnya akan turun hingga di bawah level tahun 2022. 

“Kondisi itu terjadi karena penurunan di pasar yang sudah mapan diimbangi oleh permintaan yang terus kuat di negara berkembang Asia. Hal ini berarti batu bara akan terus menjadi sumber tunggal terbesar emisi karbon dioksida sistem energi global sejauh ini,” katanya, Senin (19/12/2022).

Keisuke menjelaskan, dunia mendekati puncak penggunaan bahan bakar fosil, dengan batu bara akan menjadi yang pertama menurun, tetapi kita belum mencapainya. 

“Permintaan batu bara tinggi dan kemungkinan akan mencapai titik tertinggi sepanjang masa tahun ini, mendorong emisi global. Pada saat yang sama, ada banyak tanda bahwa krisis saat ini mempercepat penerapan energi terbarukan, efisiensi energi, dan pompa panas – dan ini akan memoderasi permintaan batu bara di tahun-tahun mendatang. Kebijakan pemerintah akan menjadi kunci untuk memastikan jalan yang aman dan berkelanjutan ke depan," tuturnya.

Harga batu bara naik ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya di bulan Maret dan sekali lagi di bulan Juni tahun ini, didorong lebih tinggi oleh tekanan yang disebabkan oleh krisis energi global, terutama lonjakan harga gas alam, serta kondisi cuaca buruk di Australia, pemasok utama internasional. Eropa, yang sangat terpengaruh oleh pengurangan tajam aliran gas alam Rusia, akan meningkatkan konsumsi batu bara untuk tahun kedua berturut-turut. Namun, pada tahun 2025, permintaan batu bara Eropa diperkirakan akan turun di bawah level tahun 2020. 

Direktur Climate Energy Finance, Tim Buckley mengatakan, eksportir batu bara menghasilkan keuntungan yang luar biasa dan mencapai rekor tinggi pada tahun 2022 akibat situasi perang. Tetapi tren global yang mendasarinya jauh lebih tidak kuat - total volume penjualan lebih rendah dari tingkat pra-pandemi. Seperti yang disoroti oleh laporan IEA Renewables 2022 yang baru, permintaan batu bara diperkirakan akan turun karena negara-negara memperluas kapasitas pembangkitan energi terbarukan mereka secara dramatis lebih cepat dari perkiraan sebelumnya, mengingat manfaat soal keamanan energi dan biaya yang jauh lebih kompetitif dari energi terbarukan. 

“Perusahaan penambangan batu bara perlu bersiap menghadapi penurunan permintaan yang progresif, karena perkiraan IEA tentang skenario apa pun yang memungkinkan planet layak huni dalam beberapa dekade mendatang. Keuntungan tak terduga dalam waktu dekat dapat menjadi pertanda terjadinya penurunan sistemik yang berkelanjutan dalam jangka panjang bagi penambangan batu bara, terutama mereka yang gagal mempersiapkan diri, dan memutar model bisnis mereka untuk memenuhi kebutuhan dekarbonisasi global,” kata Tim. 

Tiga produsen batu bara terbesar dunia – China, India, dan Indonesia – semuanya akan mencapai rekor produksi pada tahun 2022. Namun, laporan tersebut mencatat bahwa meskipun harga tinggi dan margin yang bagus bagi  produsen batu bara, namun tidak ada tanda-tanda lonjakan investasi dalam proyek batu bara yang digerakkan oleh ekspor. Hal ini mencerminkan kehati-hatian di kalangan investor dan perusahaan pertambangan tentang prospek batu bara jangka menengah dan panjang. 

Permintaan batu bara diperkirakan akan turun di negara maju di tahun-tahun mendatang karena energi terbarukan semakin menggantikannya untuk pembangkit listrik. Namun, negara berkembang dan berkembang di Asia akan meningkatkan penggunaan batu bara untuk membantu mendorong pertumbuhan ekonomi mereka, bahkan saat mereka menambahkan lebih banyak energi terbarukan. Perkembangan di China, konsumen batu bara terbesar di dunia, akan memiliki dampak terbesar pada permintaan batu bara global di tahun-tahun mendatang, namun India juga akan signifikan. 

Camilla Fenning, Program Leader, E3G menjelaskan tingginya permintaan batu bara di negara berkembang Asia yang dicatat dalam laporan IEA memastikan bahwa batu bara tetap menjadi sumber terbesar emisi karbon global. Kita harus segera mengatasi ini agar memiliki kesempatan menjaga pemanasan global di bawah 1,5 derajat. 

“Satu catatan positif adalah kemajuan baru-baru ini di Indonesia dan Vietnam's Just Energy Transition Partnerships yang menunjukkan ambisi dalam negeri, yang didukung oleh dukungan keuangan internasional, untuk mempercepat penghapusan batu bara termasuk menghindari pembangunan pembangkit listrik tenaga batu bara baru. Tapi deklarasi politik JETP ini perlu bergerak cepat untuk implementasi, membuka pembiayaan publik dan swasta transformasional yang diperlukan untuk berporos menuju sistem energi bersih,” kata Camilla. R2

Laporan IEA: Konsumsi Batu Bara Cetak Sejarah Tertinggi, Namun Akan Turun di 2025 Laporan IEA: Konsumsi Batu Bara Cetak Sejarah Tertinggi, Namun Akan Turun di 2025 Reviewed by Ridwan Harahap on Senin, Desember 19, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.