Indika Energy dan Chaevi Masuki Pasar EV Indonesia


Seoul, OG Indonesia --
Perusahaan investasi dengan portofolio bisnis terdiversifikasi, PT Indika Energy Tbk. (Indika Energy), menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Daeyoung Chaevi Co.,  Ltd.  (Chaevi),  sebuah  perusahaan  yang  mengkhususkan  diri  dalam  layanan  pengisian  daya kendaraan listrik. 

Kerja sama ini bertujuan untuk mendukung  Pemerintah Indonesia,  khususnya  dalam pengembangan infrastruktur kendaraan listrik, dengan menghadirkan pengisi daya cepat dan ultra cepat untuk kendaraan listrik roda empat atau lebih (termasuk bus).  MOU ditandatangani saat 2023 Korea-Indonesia Economic Cooperation Forum for the 50th Anniversary of Diplomatic Relations di Seoul, Korea Selatan. 

Forum tingkat tinggi yang membahas kendaraan listrik dan pelayanan kesehatan ini turut dihadiri oleh Luhut B. Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi; Budi G. Sadikin, Menteri Kesehatan; Gandi Sulistiyanto, Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan; Purbaja Pantja, Director and Group Chief Investment Officer Indika Energy; dan Jeong Min-kyo, CEO Chaevi.  MOU ini bertujuan untuk memperluas ekspor charger melalui kontrak keagenan dengan PT Energi Makmur Buana  (EMB),  afiliasi Indika  Energy. 

“Penguatan  kerja  sama  antara  Indika  Energy  dan  Chaevi ini diharapkan dapat memperkuat fasilitas dan infrastruktur kendaraan listrik. Hal ini merupakan bagian dari misi Indika Energy untuk menghadirkan ekosistem kendaraan listrik yang komprehensif di Indonesia,” tutur Purbaja.   

Februari lalu, Chaevi telah memperpanjang perjanjian distribusi dengan EMB selama dua tahun ke depan. Chaevi telah mengekspor pengisi daya bus cepat dan ultra cepat ke Indonesia melalui EMB sejak tahun 2020 dan berencana untuk memasok pengisi daya lengkap mulai dari pengisi daya lambat, cepat, dan ultra cepat yang telah dikirimkan tahun ini.  

Pengisi daya ultra cepat yang diekspor Chaevi ke Indonesia rencananya akan dikirim terutama ke lokasi transportasi besar sesuai dengan kebijakan Indonesia untuk memproduksi kendaraan ramah lingkungan dan  memperluas  pasokan  stasiun  pengisian  cepat  umum.  Selain  itu,  rangkaian  pengisi  daya  lengkap Chaevi  akan  dipamerkan  di  showroom  lokal  EMB  untuk  memamerkan  teknologi  mutakhir  perusahaan Korea kepada masyarakat Indonesia.  

Indika  Energy  secara  aktif  mengembangkan  bisnis  kendaraan  listriknya  untuk  mendukung  inisiatif pemerintah Indonesia dalam mempercepat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. 

Pada Agustus 2022, Indika Energy  meluncurkan  kendaraan  listrik  roda dua dengan  merek  ALVA. Selain  itu,  Indika  Energy bersama mitra bisnisnya juga mengembangkan kendaraan komersial listrik roda empat (termasuk bus) dan baterai listrik. RH

Indika Energy dan Chaevi Masuki Pasar EV Indonesia Indika Energy dan Chaevi Masuki Pasar EV Indonesia Reviewed by Ridwan Harahap on Senin, Maret 27, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.