Pipa CISEM Tahap I Semarang-Batang Sudah “Ready for Gas In”


Semarang, OG Indonesia --
Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi menyatakan Proyek Pembangunan Pipa Transmisi Gas Bumi CISEM Tahap I (ruas Semarang - Batang) telah selesai dilaksanakan dan status Pipa CISEM I dinyatakan "Ready for Gas in".

Penegasan tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Migas Tutuka Ariadji seusai Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-78  bertempat di Stasiun ESDM – Proyek Pembangunan Pipa Transmisi Gas Cirebon – Semarang (CISEM) Tahap I (Ruas Semarang-Batang), Kamis (17/8/2023). 

Dalam acara tersebut ditandai dengan penyerahan tumpeng kepada PPK Pipa CISEM Tahap I serta Perwakilan KSO PP- Elnusa dan PT. Prosys Bangun Persada, dengan dihadiri juga oleh Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Laode Sulaeman, Deputi IV Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Ketua Pelaksana KPPIP Wahyu Utomo, Direktur infrastruktur & Teknologi PT Perusahaan Gas Negara Tbk Achmad Mukhtasyar, Direktur Strategi & Pengembangan Bisnis PT Perusahaan Gas Negara Tbk Harry Budi Sidharta dan Direktur Teknik dan Operasi PT Pertamina Gas Rosa Permata Sari

"Harapannya momen ini adalah momen yang membangkitkan kita untuk memberikan layanan energi murah dengan membangun infrastruktur energi. Dalam hal ini, infrastruktur pipa gas yang dibiayai oleh pemerintah," ucap Tutuka. 

Dia mengharapkan bahwa apa yang telah dilakukan dan berhasil sampai saat ini bisa dimanfaakan sebesar-besarnya. "Bagi yang berkepentingan ya, salah satunya adalah industri. Industri di sini ada beberapa kawasan industri, di Kendal dan Batang. Baik untuk industri dan juga nanti sebagian juga untuk jargas jaringan gas di wilayah yang dilewati. Sementara ini dari Semarang sampai Batang, nanti kita sangat berharap bisa bersambung lagi sampai ke Cirebon dan Kandang Haur Timur hingga bisa dari Jawa Timur sampai ke Jawa Barat, dan bahkan lebih lagi ke Sumatera,” jelas Tutuka.

Pipa CISEM Tahap I “Ready For Gas In”, akan dilanjutkan dengan pelaksanaan commissioning dengan gas yang sebenarnya, yang selanjutnya akan dialirkan dan dikelola secara “business to business” oleh institusi tertentu. 

Adapun profil Pipa CISEM Tahap I (ruas Semarang-Batang) merupakan jalur pipa transmisi gas 20” sepanjang ± 60 km mulai dari Semarang sampai dengan Batang. Pipa CISEM ini dibangun oleh Kementerian ESDM melalui Ditjen Migas untuk memenuhi kebutuhan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal dengan proyeksi kebutuhan gas hingga 39,42 MMSCFD dari 26 perusahan di KEK Kendal hingga tahun 2026, Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) dengan proyeksi kebutuhan gas 25,83 MMSCFD dari 14 perusahaan di KITB Fase I hingga tahun 2028, serta kawasan-kawasan industri lainnya di sepanjang pipa transmisi CISEM tahap I.

Gas bumi pipa gas CISEM bersumber dari  Lapangan Jambaran Tiung Biru (Wilayah Kerja Blora),  Long Term Plan (LTP) WK Cepu (Lapangan Cendana – Alas Tua) dan  WK Tuban (Lapangan Sumber-2). R1

Pipa CISEM Tahap I Semarang-Batang Sudah “Ready for Gas In” Pipa CISEM Tahap I Semarang-Batang Sudah “Ready for Gas In” Reviewed by Ridwan Harahap on Senin, Agustus 21, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.