Indosat M2M, Solusi Penunjang Operasi Migas

Jakarta, O&G Indonesia-- Dengan teknologi Machine to Machine alias M2M, setiap mesin akan saling terkoneksi dan diibaratkan dapat saling berbicara untuk menunjang pekerjaan dalam suatu kegiatan bisnis. PT Indosat Tbk pun menyadari pentingnya teknologi M2M ini dengan merilis solusi M2M yang komprehensif atau dikenal dengan solusi End to End untuk M2M.“Dengan teknologi M2M kita bisa mengambil data-data dari mesin-mesin itu,” jelas Division Head M2M Indosat Hendra Sumiarsa kala ditemui Majalah O&G Indonesia di kawasan Kebon Sirih, Jakarta (26/1).


Hendra memaparkan dengan teknologi M2M, segala jenis mesin dapat didiagnosis, mulai dari pergerakan mobil dan pengaturan parkir di perkotaan, pemantauan kualitas air di sungai bahkan sampai aliran minyak dan gas dalam suatu jaringan pipa migas.Karena itu Indosat turut mengembangkan teknologi M2M yang sudah cukup berkembang sejak tahun 2006 ini karena meyakini solusi M2M akan membuat proses kerja menjadi efisien sehingga akan meningkatkan produktivitas sampai mengurangi biaya.

Diterangkan oleh Hendra, solusi M2M juga bisa dipakai untuk kegiatan hulu migas di mana operasi kerjanya kebanyakan di daerah remote dan dalam berkomunikasi selalu menggunakan satelit dalam mengirimkan data-data dari site ke kantor pusat atau sebaliknya. “Selama ini yang dilaksanakan untuk komunikasi yang sifatnya standar seperti fax, voices, dan data. Dengan adanya M2M maka tidak hanya koneksi data atau koneksi tradisional saja yang dikirim secara manual. Tapi lebih dalam lagi, datanya bisa langsung dikirim dari pompa-pompa angguknya sampai dari source dan sensor-sensor yang ada di lapangan,” katanya.

Solusi End to End Indosat, disampaikan oleh Hendra, memberikan teknologi M2M dengan device dan aplikasinya untuk sektor hulu sampai hilir migas. “Kami berkolaborasi dengan anak perusahaan Indosat yaitu Lintasarta,” ungkap Hendra tentang jasa layanan komunikasi satelit Lintasarta yang dipadukan dengan solusi M2M Indosat.

Kerjasama tersebut berupa layanan solusi terintegrasi antara M2M Indosat dengan Lintasarta, sampai urusan penetrasi pelanggan. “Ada pelanggan-pelanggan di mana kami di depan, ada juga pelanggan-pelanggan yang Lintasarta di depan. Itu kami atur seperti itu,” ucapnya. “Kami juga akan mendorong Lintasarta untuk makin memperkuat kapabilitasnya untuk M2M,” sambung Hendra.

Seiring Sistem Operasi Terpadu (SOT) yang mulai diterapkan oleh SKK Migas dalam alur informasi kegiatan hulu migas, menurut Hendra hal tersebut menjadi peluang bagi Indosat dalam memperkenalkan solusi M2M-nya ke perusahaan-perusahaan KKKS. “Dengan adanya road map SOT dari SKK Migas yang mengharuskan terkoneksinya KKKS-KKKS untuk transparansi yang lebih baik tentunya ini menjadi peluang yang luar biasa untuk M2M,” papar Hendra.

Hal senada disampaikan oleh Group Head Large Enterprise Sales Indosat, Feby Sallyanto kepada Majalah O&G Indonesia di tempat yang sama. Menurutnya peluang kerjasama dengan SKK Migas sedang dijajaki oleh Indosat. “Kami sedang menjajaki kerjasama,” tuturnya singkat. “Karena semuanya butuh (M2M) ini, termasuk government,” tegas Feby.

Ditambahkan oleh Hendra Sumiarsa bahwa solusi teknologi M2M Indosat yang akan giat dipasarkan di tahun 2015 ini tak hanya akan memberikan layanan konektivitas semata. “Selain terkoneksi dengan M2M, mesin juga bisa dimonitor, data-data mesinnya bisa ditarik, bisa dikendalikan dari jauh atau remote control, punya allert, otomation, dan yang tertinggi analytic atau sudah bisa memprediksi dan membuat data, laporan dan bahkan pengambilan keputusan,” beber Hendra panjang.


Kelebihan layanan solusi M2M Indosat dibandingkan layanan M2M dari operator lainnya menurut Hendra adalah posisi solusi M2M Indosat yang dimasukkan langsung di bawah enterprise. “Di operator sebelah itu ada yang masuk di bawah digital, ada yang masuk consumer. Itu bedanya,” ucapnya. “Kalau kami serius bahwa M2M itu business to business yang men-support kegiatan bisnis dan pemerintah secara langsung,” pungkasnya. RH 
Indosat M2M, Solusi Penunjang Operasi Migas Indosat M2M, Solusi Penunjang Operasi Migas Reviewed by OG Indonesia on Selasa, April 07, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.