Si Tangguh yang Produktif

H. MAMAN ROHMAN PENYERAHAN KUNCI HINO
Jakarta, O&G Indonesia-- “Teknologinya bagus sekali selain hemat bahan bakar. Dan lajunya lincah sekali walaupun kita bawa ke gunung dan hutan. Jadi Hino lebih unggul dari teknologinya,”pungkas H. Maman Rohman (62), salah seorang pembeli kendaraan truck Hino, kepada Majalah O&G Indonesia di Narogong, Bekasi, Jawa Barat. Pengusaha asal Banten ini sejak 2003 mengaku jatuh hati pada produk negeri Matahari Terbit ini. “Pertama launching, saya membeli 7 unit truck,” katanya, sembari menambahkan dirinya pernah kecewa saat membeli truck produk non Hino. Kendaraan truck ini ia pergunakan untuk mengangkut pipa, cassing dan rig.


Menurut penuturan Maman, ia menjalin kerjasama bisnis dengan beberapa perusahaan migas, seperti Chevron, Total & Pertamina. Selain itu Maman, yang setiap tahun selalu membeli 20 unit truck Hino, juga menjadi mitra bisnis Krakatau Steel dan beberapa perusahaan pertambangan serta industri.  Untuk produk truck generasi terbaru Hino 500 Series New Generation Ranger, yang baru diluncurkan pertengahan Januari 2015 ini, Maman telah mem-booking 30 unit truck tetapi baru tersedia 1 unit, dengan harga per unitnya Rp 900 juta. “Kita juga puas dengan layanan penjualan dan purna jual Hino,”tandas Maman.

Truck generasi terbaru Hino 500 Series New Generation Ranger memiliki 37 model dengan 6 tipe pilihan mesin common rail dan mekanik. Produk baru ini memiliki konsep memberikan keuntungan untuk penjual barang, pemilik usaha atau transporter, pengemudi dan juga pembeli barang.  Produk ini lebih tangguh dan produktif dengan menggunakan rangka heavy duty, ditambah lagi kenyamanan bagi pengemudi dan juga power train baru guna meningkatkan kualitas, daya tahan dan keamanan. Prinsipnya, The New Generation Ranger, Drive Your Business Easier.

Terkait optimalisasi layanan penjualan dan purna jual tersebut, PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menambah jaringan pemasaran dan layanan purna jual di Narogong, Bekasi, Jawa Barat. Fasilitas ini beroperasi di bawah payung PT. Bypassindo Jaya Indah (BJI), diresmikan Selasa (27/1/2015).  Peresmian dihadiri langsung oleh beberapa petinggi HMSI, yakni Komisaris Toshiro Mizutani, Presiden Direktur Hiroo Kayanoki, Direktur Penjualan dan Promosi Santiko Wardoyo, Direktur Shinji Yamasaki, Eksekutif Senior divisi Purna Jual Irwan Supriyono, Direktur BJI Vivi Kartawinata , dan Komisaris BJI Yusuf Kartawinata.

“Melalui dealer resmi kami di wilayah Narogong, HMSI berkomitmen untuk memberikan Total Support kepada customer Hino dan pembukaan dealer 3S (sales, service, sparepart) ini juga sebagai bentuk untuk memaksimalkan servis kepada pelanggan Hino,” ungkap Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI (28/1/2015).

Bengkel di dealer ini mempunyai kapasitas enam anjungan untuk perawatan berkala, perbaikan ringan, berat (Heavy repair), dan komponen (Component repair). “Dengan dibukanya dealer di Narogong ini dengan fasilitas 3S (Sales,
Service dan Spare part) maka kami optimis kedepannya penjualan Hino di wilayah Jawa Barat atau khususnya Bekasi akan terus meningkat," kata Sales & Promotion Director HMSI, Santiko Wardoyo.

Menurut Santiko, pangsa pasar Hino di wilayah Jawa Barat tahun lalu mencapai 60 persen di segmen truck sedang dan 16,2 persen di truk ringan. Pada 2015, Hino berencana menambah 15-20 dealer untuk Pulau Jawa dan Sumatera. “Sebab populasinya terbesar, kendati demikian tidak menutup kemungkinan kita akan buka dealer di Kalimantan dan Sulawesi,”terang Santiko, sembari memaparkan anjloknya penjualan mining truck hingga 60% sebagai imbas hancurnya bisnis sektor petambangan.

Merosotnya penjualan mining truck ternyata tidak berpengaruh pada market share Hino. “Market share kita dari tahun 2013 hingga 2014, kita naik. Yang kecil, yang kelas tuto, dari 13% menjadi 16,1%. Sedangkan yang besar (Ranger) dari 59% menjadi 61,3%. Ini top rekor dan market leader juga. Sedangkan penjualan truck untuk tahun 2014 sekitar 30.000,”kata Santiko.


Ketika ditanyakan alasan Narogong dipilih sebagai lokasi dealer, Santiko mengutarakan bahwa sepanjang jalan di kawasan Narogong, Bekasi, Jabar, tidak sedikit truck berwarna hijau dan membutuhkan perawatan, service. Dengan meresmikan dealer di Naragong, imbuh Santiko, pihaknya berharap dapat melakukan perawatan-perawatan truck yang ada di sekitar wilayah ini secara total support. Fasilitas 3S yang terletak di Jalan Raya Narogong KM 21, No.30 Bekasi dibangun dengan luas total bangunan 1.522 m2 diatas lahan seluas 4.082m2 bertempat di Jalan Raya Narogong KM 21, No. 30 Bekasi. Selain itu terdapat juga Sales Counter, dan Unit Display. SB
Si Tangguh yang Produktif Si Tangguh yang Produktif Reviewed by OG Indonesia on Selasa, April 07, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.