Keuntungan Bergabung di OPEC Harus Dioptimalkan

Jakarta, O&G Indonesia -- Pengamat Energi dari Indonesian Resources Studies (IRESS) Marwan Batubara menyambut positif wacana Menteri ESDM Sudirman Said tentang kembali bergabungnya Indonesia dengan Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC).

Menurut Marwan ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh Indonesia dengan kembali bergaul bersama negara-negara pengekspor minyak. "Yang pertama bisa membangun jaringan dengan negara-negara produsen minyak sehingga bisa memperbanyak kontrak minyak secara G to G," terang Marwan di Jakarta, Sabtu (9/5).

Dengan demikian, dituturkan Marwan, keuntungan berikutnya yang bisa didapat Indonesia adalah akan lebih mudah untuk mendapatkan pasokan minyak dengan harga khusus. "Juga bisa dapat kontrak jangka panjang dengan harga khusus," jelasnya.

Namun Marwan mengingatkan Pemerintah agar keikutsertaan di OPEC harus benar-benar dimanfaatkan mengingat iuran keanggotaan di OPEC cukup besar. "Paling nanti yang dipersoalkan terkait besarnya dana iuran anggota. Makanya dengan posisi sebagai anggota harus bisa dimanfaatkan secara optimal," tegasnya. RH


Keuntungan Bergabung di OPEC Harus Dioptimalkan Keuntungan Bergabung di OPEC Harus Dioptimalkan Reviewed by OG Indonesia on Sabtu, Mei 09, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.