Ingin Pantau Pasar Minyak Dunia, Indonesia Mau Kembali ke OPEC


Jakarta, O&G Indonesia -- Menteri ESDM Sudirman Said melemparkan ide agar Indonesia masuk kembali ke dalam organisasi negara-negara pengekspor minyak atau Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC).


Menurut Sudirman, pilihan Pemerintah untuk kembali ke dalam OPEC tersebut didasari agar Indonesia bisa mengikuti perkembangan pasar minyak dunia dan dapat berinteraksi dengan negara-negara produsen besar minyak di dunia. “Karena dulu kita keluar, akibatnya dinamika pasar kita tidak tangkap dengan cepat,” ucap Menteri ESDM kepada wartawan di Kantor Kementerian ESDM Jakarta, Kamis (7/5).

Untuk langkah awal, Indonesia akan masuk sebagai Observer atau Peninjau dalam konferensi OPEC tanggal 3-4 Juni 2015 mendatang di Wina, Austria. “Saya akan hadir di konferensi OPEC dan saya akan mohon jadi Peninjau dulu, supaya kita berinteraksi dengan market,” katanya. “Setelah itu, level keanggotaannya Peninjau atau Full Member akan kita lihat lagi nanti,” sambungnya.

Indonesia pernah menjadi anggota OPEC selama sekitar 36 tahun dari tahun 1972 sebelum keluar di tahun 2008 karena tak lagi menjadi negara pengekspor minyak, tapi sudah menjadi net importer minyak. “Sebetulnya kalau ngomong ekspor kita masih ekspor sedikit, masih ada ekspor gas. Jadi tidak salah-salah amat kalau kita menjadi anggota,” terang Sudirman. RH




Ingin Pantau Pasar Minyak Dunia, Indonesia Mau Kembali ke OPEC Ingin Pantau Pasar Minyak Dunia, Indonesia Mau Kembali ke OPEC  Reviewed by OG Indonesia on Jumat, Mei 08, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.