Petral Akhirnya Bubar!



Jakarta, O&G Indonesia -- PT Pertamina (Persero) terhitung mulai hari ini membubarkan anak usahanya Pertamina Energy Trading Limited (Petral). Pertamina akan memulai proses penghentian/pengambil-alihan kegiatan Petral Group dan selanjutnya akan melikuidasi perusahaan-perusahaan yang ada dalam Petral Group.


Langkah-langkah tersebut akan didahului dari kegiatan yang menyangkut ekspor dan impor minyak mentah dan produk kilang yang akan sepenuhnya mulai dijalankan oleh Fungsi Supply Chain (ISC) Pertamina. Pada saat yang sama, Pertamina juga akan merampungkan perbaikan tata kelola dan proses bisnis yang dijalankan oleh ISC.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan sesuai dengan lima langkah strategis prioritas Pertamina yang salah satu bagiannya adalah memperkuat fungsi ISC yang ada di Jakarta. Sejak Januari 2015, Pertamina telah memusatkan proses bisnis pengadaan minyak dan produk minyak di fungsi ISC. "Berdasarkan hasil evaluasi manajemen selama kuartal I 2015, dapat disimpulkan bahwa ISC cukup berhasil dalam menjalankan fungsinya dan terbukti menghasilkan efisiensi yang signifikan bagi Pertamina," kata Dwi di Jakarta (13/5).

“Sejalan dengan itu, manajemen Pertamina berpandangan bahwa peran Petral Group tidak lagi signifikan dan material bagi Pertamina. Oleh karena itu, Pertamina memutuskan untuk memulai proses likuidasi Petral Group melalui tahapan hukum yang diperlukan dan melanjutkan upaya perkuatan ISC sebagai pusat ekspor dan impor minyak mentah dan produk kilang di Pertamina,” papar Dwi.

Dengan keputusan ini, diterangkan Dwi, segala hak dan kewajiban Petral Group yang masih ada akan dibereskan dan/atau diambil alih Pertamina. Aset-aset Petral Group nantinya juga akan dimasukkan sebagai bagian dari aset BUMN terbesar di Indonesia ini.

Menteri ESDM mendukung keputusan Pertamina memulai proses likuidasi Petral Group yang mengedepankan efisiensi dan transparansi supply chain di Pertamina juga sejalan dengan rekomendasi Tim Reformasi Tata Kelola Migas. Sementara, Menteri BUMN menyatakan arahan Presiden Jokowi sangat jelas bahwa Pemerintah harus memutus praktik buruk di masa lalu, dan pembubaran Petral merupakan langkah yang harus diambil. RH


Petral Akhirnya Bubar! Petral Akhirnya Bubar! Reviewed by OG Indonesia on Rabu, Mei 13, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.