Pemerintah Targetkan Pembangunan Receiving Terminal di Indonesia Timur


Jakarta, O&G Indonesia -- Daerah Indonesia bagian timur yang masih gelap gulita belum dialiri listrik didorong untuk diterangi listrik yang dibangkitkan dari gas yang sumbernya banyak terdapat di sana. “Dari rencana Pertamina, PGN dan usaha yang lainnya, di daerah ini (Timur Indonesia) ada beberapa rencana pembangunan beberapa floating storage,” jelas Direktur Pembinaan Program Migas Ditjen Migas Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi dalam acara Business Forum “Percepatan Infrastruktur Gas untuk Listrik” yang diadakan oleh KMI dan Majalah O&G Indonesia di Hotel Sultan, Rabu (13/5).


Menurut Agus rencana pembangunan floating storage atau receiving terminal tersebut telah direncanakan sebelum bergulirnya program pembangunan pembangkit listrik 35.000 MW. “Dalam pengembangan jaringan infrastruktur gas bumi nasional, kita arahkan lebih ke daerah timur,” terang Agus.

Saat ini sudah ada beberapa sumber gas yang siap memasok gas via kapal-kapal LNG ukuran medium dan small ke receiving terminal di daerah Indonesia bagian timur. “Ada dari Badak, Tangguh, lalu Donggi Senoro segera beroperasi, dan nanti dari Masela yang akan memasok ke receiving terminal yang kecil,” terangnya.

Agus menerangkan pengembangan receiving terminal di Indonesia bagian timur sangat cocok dengan kondisi kebutuhan gas untuk listrik di sana yang lebih banyak digunakan pada saat beban puncak. “Mereka membutuhkan gas tidak kontinu, hanya pada saat peak time, sehingga untuk mengharmonisasi kebutuhan yang tidak kontinu tersebut maka perlu adanya storage untuk gas,” paparnya.

Dalam program pembangunan pembangkit listrik 35.000 MW, direncanakan sekitar 30 persen pembangkit listrik yang dibangun akan menggunakan gas yang kebanyakan berfungsi untuk membangkitkan listrik saat beban puncak. 

Pemerintah pun menargetkan penambahan alokasi gas untuk proyek 35.000 MW ini. “Dengan adanya program 35 Giga Watt listrik, ada tambahan gas totalnya 1,2 MMSCFD,” ucapnya. “Tugas pemerintah bagaimana membagi ‘kue’ ini secara rata kepada semua penggunanya,” tegas Agus. RH


Pemerintah Targetkan Pembangunan Receiving Terminal di Indonesia Timur Pemerintah Targetkan Pembangunan Receiving Terminal di Indonesia Timur  Reviewed by OG Indonesia on Rabu, Mei 13, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.