SS Tak Hanya Sekali Gunakan Pesawat Carter



Jakarta, O&G Indonesia-- Perihal penggunaan fasilitas mewah yang diterima Menteri ESDM Sudirman Said seperti menggunakan Pesawat Carter, apa kata Sudirman?

Menteri ESDM Sudirman Said mengaku dirinya diminta oleh Presiden Jokowi agar dapat hadir pada acara peresmian pengoperasian receiving terminal LNG Arun pada 9 Maret 2015. Padahal saat itu ia tengah berada di Singapura. “Saya punya agenda 2 hari di Singapura. Saya pikir waktu Presiden ke Lhokseumawe ada menteri lain yang menemani. Ternyata tidak ada, yang ada hanya Menko Maritim,” kata Sudirman Said, kepada O&G Indonesia (31/5/2015) di Jakarta.

Kemudian, lanjut Sudirman, Presiden minta agar dirinya hadir pada acara di Lhokseumawe. Ia lantas menjelaskan bahwa dirinya sedang berada di acara lain. Namun Presiden minta bagaimana pun caranya agar Sudirman bisa hadir. “Pertamina, sebagai pengundang saya ke Singapura, kemudian mengusahakan,” ungkap mantan Dirut PT Pindad ini.

Apa bentuk usahanya? “Usahanya adalah menyiapkan pesawat carter. Saya harus berangkat jam 3 pagi dari Singapura. Karena tidak ada pesawat regular pada jam 3 pagi, makanya saya pake pesawat carter, yang oleh sebagian kalangan disebut jet pribadi. Kalau jet pribadi itu, pesawatnya satu dan orang numpang pesawat juga satu. Baliknya saya diantar oleh pesawat Pelita,” papar Sudirman seraya mengimbuhkan, waktu bagi seorang menteri sangat penting agar setiap kegiatan selalu dapat diikuti. 

Menggunakan pesawat carter bukan kali pertama baginya. Ketika diundang untuk meninjau proyek Donggi Sonoro, Sudirman juga mengaku menggunakan pesawat carter yang disediakan pihak pengundang. “Karena jauhnya perjalanan menuju Luwu, yang harus ke Makassar terlebih dulu, dan dari Makassar harus naik pesawat kecil lagi, maka pihak pengundang menyediakan pesawat carter,” kata Sudirman, sembari menambahkan dirinya sebelum jadi menteri pun telah beberapa kali menggunakan jasa pesawat carter.

Lebih jauh Sudirman mengutarakan masalah tranportasi bersifat fungsional saja baginya. Kata Sudirman, sehari hari ia menggunakan Toyota Kijang. “Kalau ada acara dinas kenegaraan dirinya menggunakan mobil dinas menteri, Toyota Crown. Misalnya ke Bandung, saya biasanya gunakan kereta atau mobil. Tapi juga kadang-kadang gunakan Helikopter, kalau sangat urgent,” pungkas Sudirman, yang meminta agar masalah pesawat carter ini jangan terlalu dibesar-besarkan. (SB)
SS Tak Hanya Sekali Gunakan Pesawat Carter SS Tak Hanya Sekali Gunakan Pesawat Carter Reviewed by OG Indonesia on Minggu, Mei 31, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.