Wiratmaja Duduki Dirjen Migas Baru

Jakarta, O&G Indonesia-- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengumumkan nama pejabat eselon I di Kementerian ESDM hari ini. Untuk posisi Direktur Jenderal (Dirjen) Minyak dan Gas (Migas) Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja yang sebelumnya menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Migas ditetapkan sebagai Dirjen Migas definitif. Proses pemilihan Wiratmaja dan dirjen-dirjen lainnya melalui proses lelang secara terbuka.

Disampaikan oleh Menteri ESDM Sudirman Said dalam acara pelantikan jajaran eselon  Kementerian ESDM di Gedung Kementerian ESDM Jakarta, Kamis (7/5), proses lelang jabatan dirjen di kementeriannya merupakan implementasi dari instruksi Presiden Joko Widodo terkait pelaksanaan reformasi birokrasi di berbagai kementerian dan lembaga. "Ini milestone penting dalam konsolidasi organisasi di Kementerian ESDM," terangnya. 

I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, pada acara pelantikannya sebagai Dirjen Migas, membacakan pakta integritas mewakili para eselon I yang dilantik lainnya. "Menyatakan bahwa dalam rangka melaksanakan tugas saya sanggup untuk, setia dan taat kepada negara kesatuan Republik Indonesia, pancasila, UUD 45. Melaksanakan dan menunjang tinggi institusi kementerian ESDM dengan sepenuh hati," ucapnya.

"Mempunyai dedikasi integritas dan komitmen yang tinggi dalam rangka meningkatkan kinerja institusi dan mengutamakan kepentingan negara. Wajib mengamankan hak-hak negara dan mengamankan kepentingan negara," tambahnya.


Dengan posisi barunya sebagai Dirjen Migas, Wiratmaja menjanjikan akan memprioritaskan Wilayah Kerja (WK) migas yang akan segera habis masa kontraknya kepada Pertamina. "Opsi pertama akan diserahkan kepada Pertamina. Opsi kedua Pertamina bekerjasama dengan existing kontraktor. Dan opsi yang ketiga adalah diperpanjang kepada kontraktor. Urutan opsinya seperti itu," paparnya.

Dalam pakta integritas tersebut, para dirje
n baru dan Sekjen DEN di Kementerian ESDM berjanji melaksanakan tugas berdasarkan undang undang secara proaktif, tepat, tuntas, dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas secara transparan akuntabel dan bebas KKN.

Para pejabat eselon I ini juga 
menyatakan bersedia bekerja di luar jam tugas, dan bersedia dievaluasi, bila terbukti tidak melaksanakan tiap butir isi dari pakta integritas, juga siap diberi sanksi dalam bentuk apapun juga.

Selain melantik 5 orang pejabat dirjen dan sekjen DEN, Kementerian ESDM juga melakukan penyegaran pada jajaran Pimpinan Madya. Dari 54 posisi Pimpinan Madya, 34 posisi dilakukan perubahan, di mana 22 di antaranya dirotasi, sedangkan 12 lainnya merupakan Pimpinan Madya baru (promosi).

Berikut ini jajaran eselon I Kementerian ESDM yang diangkat hari ini:

  • Dirjen Minyak dan Gas (Migas): I gusti Nyoman Wiratmaja Puja
  • Dirjen Ketenagalistrikan: Jarman
  • Dirjen Mineral dan Batu Bara (Minerba): Bambang Gatot Ariyono
  • Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE): Rida Mulyana
  • Sekjen Dewan Energi Nasional (DEN): Satry Nugraha.
Wiratmaja Duduki Dirjen Migas Baru Wiratmaja Duduki Dirjen Migas Baru Reviewed by OG Indonesia on Kamis, Mei 07, 2015 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.