Bergesernya Aktivitas Bongkar Muat Batubara, Pelindo II Terancam PHK Ribuan Pekerja


Jakarta, OG Indonesia-- Bongkar muat Batubara kini digeser ke Pelabuhan Marunda Jakarta Utara, dampak dari pindahnya aktivitas bongkar muat tersebut adalah akan timbulnya pengurangan karyawan di PT Pelindo II. Sampai berita ini dikeluarkan, masih tersisa enam tongkang batubara yang masih berlabuh di Pelabuhan Cirebon hingga batas akhir penutupan aktivitas bongkar muat.



Dikatakan salah seorang pengurus DPP Indonesian National Ship Owners Association (INSA), Agus Purwanto bahwa keputusan pemindahan ke Marunda bersifat sementara. Pasalnya, hingga batas penutupan masih ada yang anchor atau berlabuh di reed Pelabuhan Cirebon. Pria yang akrab disapa Gus Pur ini menambahkan, dengan tidak lagi adanya bongkar muat batubara ada potensi pengangguran sedikitnya 2 ribu tenaga kerja. Armada truk pengangkut batubara jumlahnya mencapai sekitar 650 unit.

Asumsinya, bila satu truk ada dua orang crew dikalikan dua, jumlahnya mencapai 1.300 orang. Itu belum ditambah dengan pekerja yang di pelabuhan yang bila dikumulatifkan jumlahnya mencapai dua ribu orang. “Mau tidak mau PHK tidak bisa terelakkan, terus bagaimana lagi,” tutur Agus, Senin (28/3).

PHK karyawan juga kemungkinan akan dilakukan PT Pelindo II. Assistant General Manager Ports Security and Facility Officers (PSFO), Iman Wahyu tidak menampik ada rencana rasionalisasi karyawan kontrak. Tercatat karyawan kontrak di bawah Pelindo saat ini sekitar 90 orang mulai dari security hingga tukang bersih jalan. Jumlah karyawan kontrak ini justru lebih banyak dibandingkan dengan karyawan tetap PT Pelindo II Cabang Cirebon yang jumlahnya hanya 60 orang. Saat aktivitas batubara berjalan normal, PT Pelindo II mempekerjakan banyak karyawan kontrak karena untuk security sehari terbagi dalam tiga shift. Satu shift sedikitnya ada 24 tenaga security. Bila pelabuhan sepi, tentu tidak perlu security sebanyak itu.
Bergesernya Aktivitas Bongkar Muat Batubara, Pelindo II Terancam PHK Ribuan Pekerja Bergesernya Aktivitas Bongkar Muat Batubara, Pelindo II Terancam PHK Ribuan Pekerja Reviewed by OG Indonesia on Senin, Maret 28, 2016 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.