Grup Astra Hemat Energi Setara Rp 231 Miliar

Wamen ESDM Arcandra Tahar
membuka Astra Green Energy
Summit yang pertama.
Foto: Astra
Jakarta, OG Indonesia -- PT Astra International Tbk pada hari ini, Kamis (03/11) meluncurkan Astra Green Energy Summit untuk pertama kalinya sebagai wujud nyata dalam melaksanakan konservasi energi di lingkungan perusahaan Grup Astra.

Dalam acara yang dibuka oleh Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar ini, Astra memberikan Astra Green Energy Awards kepada perusahaan-perusahaan Grup Astra sebagai bentuk apresiasi dalam melaksanakan konservasi energi dan upaya efisiensi terbaik di lingkungannya. 

Dari kegiatan konservasi energi ini, sebanyak 33 perusahaan Grup Astra melalui 46 program berhasil menghemat setara Rp 231 miliar pada periode 2015 hingga 2016. Dan dukungan perusahaan-perusahaan Grup Astra juga telah berhasil mengurangi emisi sebesar 73.000 ton setara CO2 dari penghematan energi sebesar 807 terajoule pada periode 2015-2016. 

Astra Green Energy Summit merupakan rangkaian HUT ke-60 Astra yang bertema “Inspirasi 60 Tahun Astra” pada Februari 2017.

Dalam sambutannya, Arcandra mengingatkan pada saat ini energi terbarukan merupakan sebuah keharusan dan bukan lagi menjadi pilihan. “Kita tidak punya waktu lagi untuk memilih, sampai berapa lama lagi minyak kita habis? Dengan energi terbarukan, kita dapat menuju ketahanan dan kemandirian energi," kata Arcandra.

Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto menambahkan program Astra Green Energy Summit diharapkan dapat menginspirasi kepada semua pihak untuk melakukan konservasi energi.

“Program ini sangat penting bagi Astra dan Indonesia. Melalui penghematan energi, kita akan mewariskan bumi yang lebih baik bagi generasi masa depan,” tutur Prijono.

Selain perusahaan Grup Astra, Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) turut berpartisipasi dalam Astra Green Energy Summit untuk memaparkan perspektif akademis dalam rangka usaha pencapaian konservasi energi melalui solusi teknologi.

Sebagai institusi pendidikan vokasi, Polman Astra mengembangkan prototipe produk efisiensi energi dan energi terbarukan. “Hingga saat ini ada 4 prototipe yang tengah dikembangkan Polman Astra, salah satunya adalah Machine Learning Based Smart Energy Monitoring System," ucap Prijono.

Astra Green Energy Summit dihadiri oleh lebih 200 peserta, praktisi energi, dan eksekutif dari perusahaan Grup Astra serta perusahaan multinasional di Indonesia. RH

Grup Astra Hemat Energi Setara Rp 231 Miliar Grup Astra Hemat Energi Setara Rp 231 Miliar Reviewed by OG Indonesia on Kamis, November 03, 2016 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.