Wamen ESDM Ingatkan KKKS Penuhi Komitmen Eksplorasi


Foto: SKK Migas
Jakarta, OG Indonesia, --
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar meminta perusahaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang berada dalam tahapan eksplorasi untuk dapat memenuhi semua komitmen eksplorasi yang telah mereka sepakati sesuai dengan Kontrak Kerja Sama atau Production Sharing Contract (PSC). 


“Kontrak kita hargai, tetapi kalau komitmen eksplorasi tidak dilaksanakan, risikonya (kontrak) kita putus,” kata Arcandra dalam acara pertemuan di SKK Migas yang dihadiri perusahaan-perusahaan KKKS pada akhir pekan lalu.

Dari total 279 wilayah kerja hulu migas di Indonesia saat ini, 194 wilayah kerja merupakan wilayah kerja eksplorasi. Meskipun jumlah wilayah kerja tersebut cukup banyak, namun menurut catatan SKK Migas kegiatan pengeboran eksplorasi mengalami penurunan dalam empat tahun terakhir. Akibatnya, penemuan migas baru menurun dan cadangan migas nasional pun mengecil.

Dari data yang dikumpulkan SKK Migas, kendala terbesar pelaksanaan eksplorasi saat ini adalah permasalahan internal KKKS. Hal ini terjadi pada 45 wilayah kerja. Kendala utama lainnya adalah masalah regulasi dan sosial yang terjadi pada 42 wilayah kerja.

Dalam pertemuan dengan Wakil Menteri ESDM tersebut, pihak KKKS memaparkan kondisi terakhir kegiatan eksplorasi mereka termasuk kendala-kendala yang dihadapi. Kementerian ESDM dan SKK Migas sendiri menyatakan siap membantu KKKS mengatasi kendala-kendala tersebut. RH
Wamen ESDM Ingatkan KKKS Penuhi Komitmen Eksplorasi Wamen ESDM Ingatkan KKKS Penuhi Komitmen Eksplorasi Reviewed by OG Indonesia on Senin, Februari 27, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.