Inaplas Minta Harga Gas Masela USD 3 Per MMBTU

Suhat Miyarso,
Ketua Bidang Olefin Inaplas
Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Industri Olefin, Aromatik, dan Plastik (Inaplas) menyambut baik rencana pengembangan industri petrokimia di kawasan Blok Masela, Maluku. Namun ada beberapa masukan yang disampaikan oleh pihak pengusaha kepada Pemerintah.

Disampaikan oleh Ketua Bidang Olefin Inaplas Suhat Miyarso, pihaknya telah mengusulkan kepada Pemerintah agar gas yang dimanfaatkan untuk industri petrokimia sudah menjadi methanol yang dapat diolah oleh PT Pupuk Indonesia (Persero) yang berpengalaman memproduksi methanol.

"Setelah jadi methanol kita masuk untuk mengubah methanol menjadi olefin dan kemudian menjadi polyolefin dan turunannya," kata Suhat Miyarso di Hotel InterContinental, Jakarta, Selasa (07/03). 

Diterangkan oleh Suhat, pihaknya bisa membangun komplek petrokimia di kawasan Blok Masela dengan kapasitas pengolahan 2 juta ton methanol yang dapat diubah menjadi sekitar 800 ribu ton olefin. 

Untuk mendapatkan sekitar 2 juta ton methanol, Inaplas telah mengusulkan ke Pemerintah bahwa dibutuhkan pasokan gas dari Blok Masela sebesar 240 MMSCFD (juta kaki kubik per hari). 

Pihak Inaplas sendiri meminta harga gas dari Blok Masela sebesar USD 3 per MMBTU. "Kita usulkan 3 dollar, supaya bisa membuat methanol yang kemudian kita olah lebih lanjut menjadi olefin. Kalau terlalu tinggi (harga gasnya), nanti methanolnya mahal dan kita tidak bisa menyerap lagi," tegas Suhat. RH
Inaplas Minta Harga Gas Masela USD 3 Per MMBTU Inaplas Minta Harga Gas Masela USD 3 Per MMBTU Reviewed by OG Indonesia on 16.35 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.