Shell Kembali Gelar Ajang Adu Cepat dan Irit Bahan Bakar


Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia --
Sebanyak 26 tim mahasiswa dari 19 perguruan tinggi akan mewakili Indonesia di ajang Shell Eco-Marathon Asia (SEM Asia) 2017 yang diadakan di Singapura, 16-19 Maret 2017 mendatang.


Shell Eco-Marathon yang pertama kali diselenggarakan tahun 1939 di laboratorium Shell di Amerika Serikat sebelum menjadi kompetisi seperti saat ini sejak 1985 di Perancis, berupaya mencari gagasan cemerlang dan inovasi lewat kompetisi yang diikuti mahasiswa untuk mendesain, membangun, dan mengendarai kendaraan paling cepat dan hemat energi di dunia.

Dalam SEM Asia 2017 akan diikuti oleh 120 tim mahasiswa dari kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah. Indonesia sendiri yang sudah rutin mengikuti ajang ini sejak 2010, pada tahun ini mengirimkan 26 tim dari 19 perguruan tinggi dari 8 provinsi.

Beberapa tim yang berangkat ke SEM Asia 2017 antara lain tim Nakoela/Sadewa dari UI, Bumi Siliwangi dari UPI Bandung yang juga menjadi juara pada SEM Asia 2016 di Manila, sampai tim Batavia Gasoline dan Batavia Generation dari UNJ.

"Kami senang sekali melihat antusiasme yang semakin tinggi dari mahasiwa Indonesia pada ajang SEM Asia di tahun ke delapan ini. Partisipasi ini menunjukkan luasnya sebaran dan konsistensi keterlibatan generasi muda Indonesia untuk secara langsung membantu dunia menghadapi tantangan energi masa depan," kata Darwin Silalahi, Country Chairman dan Presiden Direktur PT Shell Indonesia di Jakarta, Jumat (10/03).

Nantinya para tim mahasiwa terbaik dengan penggunaan energi paling efisien di Asia akan ditantang berkompetisi kembali mewakili Asia di ajang "Driver's World Championship Global Final" di London pada Mei 2017. 

"Kami fokus pada bagaimana membuat mobil baru lebih ringan dan bisa mencapai jarak terjauh per kilowatt hour-nya. Kami harapkan di Singapura bisa mencapai 200 kilometer per kilowatt hour atau lebih," ucap Ramdhani, Manager Tim Bumi Siliwangi Team 4. RH

Shell Kembali Gelar Ajang Adu Cepat dan Irit Bahan Bakar Shell Kembali Gelar Ajang Adu Cepat dan Irit Bahan Bakar Reviewed by OG Indonesia on 11.20 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.