PLTP Karaha Ditargetkan Beroperasi Penuh Akhir Februari 2018

Tasikmalaya, OG Indonesia -- PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) optimistis Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Karaha akan beroperasi komersial/ Commercial Operation Date (COD) paling cepat pada akhir bulan ini.

Hal tersebut disampaikan Direktur Eksplorasi dan Pegembangan PGE Khairul Rozaq saat menerima kunjungan kerja Direktur Panas Bumi Ida Nuryatin Finahari ke proyek PLTP Karaha. 

Proyek Karaha ini secara administratif berada di 5 Kabupaten, yaitu Kabupaten Sumedang, Garut, Majalengka, Tasikmalaya dan Ciamis di provinsi Jawa Barat, dengan rencana kapasitas terpasang sebesar 30 MW. Dengan produksi listrik tersebut diharapkan dapat meningkatkan keandalan sistem transmisi Jawa–Bali dengan tambahan suplai listrik sebesar 227 GWh/tahun. Produksi listrik ini diperkirakan akan menerangi 33 ribu rumah. 

"Proyek Karaha ini merupakan proyek terlengkap, mulai dari sub-surface, eksplorasi, pemipaan, powerplant hingga transmisi dikerjakan oleh PGE," jelas Khairul.

PLTP Karaha juga memanfaatkan energi bersih dan ramah lingkungan, sehingga pemanfaatannya akan menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 202 ribu ton CO2/tahun. 

Dalam pelaksanaan pembangunan PLTP Karaha tersebut, telah menyerap tenaga kerja sebanyak 2700 orang yang terdiri dari tenaga kerja lokal sebesar 98,1% (26,5% dari Kabupaten Garut dan Tasikmalaya, 71,6% luar Kabupaten Garut dan Tasikmalaya) dan tenaga kerja asing 1,9%. 

Pembangunan proyek PLTP Karaha ini juga memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat disekitar proyek yang direalisasikan dalam program Community Development. 

Pada tahun 2017 PGE telah merealisasikan biaya Community Development  sebesar Rp 830.000.000 untuk kegiatan pendidikan, sosial, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat. 

Selain berkontribusi dalam pengembangan masyarakat, PLTP Karaha juga berkontribusi besar pada Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui penyetoran Bonus Produksi secara langsung ke Kas Umum Daerah.

Dengan beroperasinya PLTP Karaha milik PGE tersebut maka total kapasitas terpasang PGE adalah 617 MW, terdiri dari Kamojang - Jawa Barat 235 MW, Lahendong - Sulawesi Utara 120 MW, Ulubelu - Lampung 220 MW, Sibayak - Sumatera Utara 12 MW dan Karaha - Jawa Barat 30 MW. RH
PLTP Karaha Ditargetkan Beroperasi Penuh Akhir Februari 2018 PLTP Karaha Ditargetkan Beroperasi Penuh Akhir Februari 2018 Reviewed by OG Indonesia on Sabtu, Februari 03, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.