PLN Siaga Amankan Pasokan Listrik di Malam Tahun Baru

Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Pihak PLN menjamin akan menjaga pasokan listrik selama malam pergantian tahun 2019. Petugas PLN pun disiagakan untuk menjaga kondisi kelistrikan pada malam tahun baru tetap aman.

"Seperti biasa, setiap pergantian tahun baru kita keliling ke gardu induk, ke instalasi, termasuk ke pusat pengatur beban di Gambir ini," kata Haryanto WS, Direktur Bisnis Jawa Bagian Barat PLN, saat meninjau pusat pengatur beban PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (PLN Disjaya) di Gambir, Jakarta Pusat, Senin (31/12) petang.

Haryanto menegaskan bahwa petugas PLN tetap siaga untuk menjaga pasokan listrik. "Kita akan terus siaga menghadapi tahun baru ini, khususnya menghadapi cuaca yang agak ekstrem dalam beberapa hari terakhir ini," sambungnya.

Untuk wilayah distribusi listrik Jakarta Raya, berdasarkan tren beban puncak selama ini, PLN Disjaya memprediksikan kondisi beban puncak tanggal 31 Desember 2018 pada siang hari mencapai 3.161 MW, sementara pada malam perayaan pergantian Tahun diprediksi naik hingga 3.167 MW. Sedangkan kondisi beban puncak pada Tahun Baru 2018 terjadi pada malam hari pukul 19.00 WIB yaitu sebesar 3.196 MW.

Untuk itu, PLN Disjaya menyiagakan sebanyak 700 orang personil dan beberapa peralatan pendukung yang tersebar di 30 posko yang ada di lingkup PLN Unit Induk Jakarta Raya, terutama pada instalasi PLN yang memasok beberapa tempat perayaan malam pergantian tahun baru 2019. Piket siaga pun dilakukan dalam 3 shift selama 24 jam untuk berjaga-jaga jika terjadi gangguan listrik. PLN juga sudah melakukan inspeksi dan pemeliharaan rutin untuk memastikan instalasi tetap andal, serta membuat prosedur tetap pengamanan pasokan tenaga listrik. 

Adapun daerah-daerah yang menjadi pantauan khusus saat malam pergantian tahun baru yaitu, Kantor-kantor media elektronik, Rumah Sakit, bandara Halim Perdana Kusuma, Dunia Fantasi Ancol,  Pasar Seni Ancol,  Sirkuit Ancol,  Hotel Horison,  Gelanggang Renang Ancol,  PRJ Kemayoran Jakarta,  Taman Monumen Nasional (Monas) dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Selama masa siaga pergantian tahun baru, PLN tidak akan melakukan pemadaman terencana, rehabilitasi  dan pemeliharaan jaringan tenaga listrik. Selain itu PLN juga menyiagakan personil yang cukup dan peralatan yang mumpuni untuk menjaga keandalan pasokan listriknya," jelas Ikhsan Asaad, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta  Raya dalam kesempatan yang sama.

Penguatan khusus dilakukan dengan mempersiapkan dan menyiagakan 45 Unit UPS (Uninterruptible Power Supply), 7 unit Mobil Deteksi, 30 Unit Powerbank - Express Power Service, 4 mobil Unit Kabel Bergerak (UKB),  20 Unit Genset, 22 Unit Trafo Bergerak (UTB) dan 4 unit mobil HIAB Crane.

"Personil dan peralatan pendukung akan selalu siaga dan memastikan bahwa pasokan listrik tidak mengalami gangguan sedikitpun dan apabila terjadi gangguan akan dipastikan percepatan pemulihan pasokan listriknya guna kelancaran acara yang diselenggarakan selama malam pergantian tahun baru," pungkas Ikhsan. RH
PLN Siaga Amankan Pasokan Listrik di Malam Tahun Baru PLN Siaga Amankan Pasokan Listrik di Malam Tahun Baru Reviewed by OG Indonesia on Senin, Desember 31, 2018 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.