Jumat, 22 Maret 2019

Direktur Hulu Pertamina: Kolaborasi Industri dan Universitas Harus Terus Dijaga

Jakarta, OG Indonesia -- Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) Dharmawan H. Samsu menekankan pentingnya menjaga kolaborasi antara industri dengan dunia pendidikan. Hal tersebut disampaikan setelah dirinya memberikan kuliah umum dalam acara The UPbringing Session dengan tema “Peran Strategis Industri Hulu dalam Mendukung Ketahanan Energi Nasional” di Kampus Universitas Pertamina, Simprug, Jakarta Selatan, Kamis (21/03). 

"Kolaborasi antara industri dengan universitas kita jaga terus, dan itu sebenarnya sudah berjalan," ucapnya. Dharmawan menambahkan, selama ini Pertamina juga telah banyak berbagi pengetahuan terkait industri yang dijalankannya dengan kampus-kampus lain di luar Universitas Pertamina. 

Demikian pula pihak Universitas Pertamina, di mana mahasiswanya giat mengikuti student forum dengan sejumlah organisasi profesi di bidang migas dan pertambangan seperti HAGI, IAGI, IATMI, hingga IAFMI. "Jadi harusnya tidak ada barrier, tidak ada halangan antara industri dengan universitas," tegas Dharmawan. 

Forum-forum yang mempertemukan antara mahasiswa dengan industri yang akan digelutinya nanti, menurut Dharmawan perlu terus dijaga kesinambungannya. "Jangan terlalu jarang, tetapi juga jangan terlalu sering. Karena dengan memberikan ritme dan frekuensi yang pas memberikan waktu bagi para mahasiswa untuk mencerna apa yang di-share sebelum mendengar pemikiran-pemikiran baru yang di-share oleh para ahli yang lain," ujarnya.

Selain Dharmawan H. Samsu, dalam The UPbringing Session tersebut juga hadir pembicara lainnya yaitu Presiden American Association of Petroleum Geologists (AAPG) Denise Cox dan Rektor Universitas Pertamina Akhmaloka. RH