Pertamina Ajak Ribuan Warga Desa Mukti Jaya Bersih-bersih Kampung

Karawang, OG Indonesia -- Ribuan warga Desa Mukti Jaya, Cilamaya Kulon, Karawang bahu membahu bersama jajaran manajemen dan pekerja milenial Pertamina dalam kerja bakti bersama untuk membersihkan jalan kampung. Pertamina juga menyerahkan bantuan infrastruktur pembangunan drainase desa sebesar Rp100 juta.


Budaya kerja bakti ini, digerakkan Pertamina dengan melibatkan masyarakat sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun BUMN ke-21.

Kegiatan yang dikemas melalui program “Bersih-bersih Kampung Sehat” ini diawali dengan penyuluhan kesehatan dari Bidan Desa, dan penyerahan peralatan bersih kampung secara simbolis dari Corporate Secretary Pertamina Syahrial Mukhtar kepada perwakilan warga Mukti Jaya.

“Kegiatan ini sebagai wujud nyata kehadiran Pertamina di tengah masyarakat, dimana bersama-sama saling sinergi menggerakkan budaya kerja bakti dan mewujudkan kampung dengan lingkungan sehat,” kata Syahrial.

Tumpukan batok kelapa kering, yang berserakan dari ‘mulut’ gapura desa hingga di depan rumah warga, dibersihkan dan ditampung untuk dimanfaatkan kembali.

 “Desa kami terkenal dengan kelapa segar, namun sayangnya setelah dikonsumsi, limbah kelapa hanya ditumpuk dipinggir jalan. Karena adanya program dari BUMN dan Pertamina, sampah kelapa jadi lebih bersih,” kata Udin (41 tahun) salah seorang warga peserta Bersih-bersih Kampung.

Selain itu, masih dalam rangkaian HUT BUMN hari ini, Pertamina juga mendukung kegiatan promosi aplikasi Link Aja yang dimiliki oleh himpunan bank negara (Himbara). Link Aja adalah aplikasi yang memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran tanpa menggunakan dana tunai (cashless). Adapun promosi tersebut dikemas dengan penjualan paket pangan murah bagi warga Mukti Jaya.

Kali ini Pertamina menyiapkan 1.500 paket pangan murah senilai Rp 42.500, yang bisa dibeli masyarakat dengan mendownload aplikasi Link Aja serta membayar uang Rp10.000 per paket. Sejumlah warga pun antusias bisa mendapatkan paket pangan murah, berisi beras, gula pasir, minyak goreng, sarden dan garam, produk-produk dari BUMN.

“Senang karena sangat terbantu dengan kegiatan ini. Saya bisa mendapat sembako dengan harga murah,”kata Ibu Tesi, salah seorang warga RW 01.

Desa Mukti Jaya berada di wilayah Ring I PEP Asset 3, Subang Field, dan merupakan wilayah pendistribusian BBM dan LPG dari Pertamina Marketing Operation Region III Jawa Bagian Barat.

Di Karawang, Pertamina juga memiliki daerah operasi dari anak perusahaannya yakni PHE ONWJ, Pertagas dan Proyek PLTU Jawa Satu dari konsorsium Pertamina Power Indonesia (PPI).

"Pertamina sebagai salah satu BUMN salah satu perannya adalah memastikan ketersediaan energi. Beroperasinya Pertamina Group di sekitar Mukti Jaya diharapkan juga memberi manfaat bagi masyarakat," tambah Syahrial.
Pertamina Ajak Ribuan Warga Desa Mukti Jaya Bersih-bersih Kampung Pertamina Ajak Ribuan Warga Desa Mukti Jaya Bersih-bersih Kampung Reviewed by OG Indonesia on Kamis, April 11, 2019 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.