Jumat, 31 Mei 2019

BPH Migas Instruksikan Pertamina Tambah Pasokan BBM di Tol Trans Sumatera

M. Fanshurrullah Asa, Kepala BPH Migas
Foto: BPH Migas
Jakarta, OG Indonesia -- Menindaklanjuti kelangkaan BBM jenis Premium dan Pertamax di tol dan wilayah Mesuji dan Tulang Bawang menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H/2019, BPH Migas telah menginstruksikan Pertamina untuk menambah pasokan ketersediaan BBM Gasoline baik itu jenis Premium, Pertalite dan Pertamax di jalur tol operasional dan fungsional di Trans Sumatera terutama di sekitar 340 km tol wilayah Lampung ke Palembang.


"BPH Migas sebagai Pelaksana Satuan Tugas Posko Nasional Sektor ESDM untuk Idul Fitri juga menginstruksikan Pertamina untuk menyiapkan Mobil Dispenser dan Kantong BBM di 15 titik lokasi penjualan BBM yang ada (bukan hanya kios Pertamax) di Tol Bakauheni - Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung - Palembang," ucap Kepala BPH M. Fanshurullah Asa, Jumat (31/05).

Selain itu, BPH Migas juga meminta Pertamina untuk menambah armada Motoris di jalur  tol Sumatera dan non tol, terutama daerah Mesuji dan Tulang Bawang. Sementara kepada masyarakat yang mudik, BPH Migas menghimbau agar dapat mengisi BBM sebelum memasuki tol operasional dan fungsional mengingat beberapa penggunaan masih dalam tahap uji coba tahun ini seperti tol Lampung ke Palembang. 

Sementara untuk antisipasi kepadatan arus balik, BPH Migas juga telah meminta kepada Pertamina dan Badan Usaha swasta lainnya sebagai penyalur BBM untuk mewaspadai ketersediaan BBM saat arus balik pada tanggal 8 dan 9 Juni 2019 mengingat tanggal 10 Juni 2019 sudah mulai efektif kerja. 

"Kemungkinan terjadi akumulasi arus balik masyarakat yang mudik saat lebaran tahun ini di tanggal tersebut, sehingga harus ada konsentrasi BBM yang ekstra di tol Cikampek untuk Trans Jawa dan di tol Trans Sumatera daerah Palembang ke Bakauheni," jelas Fanshurullah. RH