Selasa, 07 Mei 2019

Hanya 2 Blok yang Laku dalam Lelang WK Migas Tahap I 2019

Jakarta, OG Indonesia -- Bertempat di Ruang Damar Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (07/05), Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengumumkan Pemenang Penawaran Wilayah Kerja (WK) Migas Tahap I Tahun 2019 dengan mekanisme Lelang Reguler yang telah dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2019 sampai dengan 25 April 2019.


Dipaparkan Arcandra, pada lelang kali ini, ada 5 WK Migas Konvensional yang ditawarkan, terdiri dari 3 WK Eksplorasi, yakni WK Anambas, WK West Ganal, dan WA West Kaimana, serta 2 WK Produksi yaitu WK Selat Panjang dan WK West Kampar.

Sampai dengan batas akhir penyampaian Dokumen Partisipasi yaitu tanggal 25 April 2019, terdapat 7 Dokumen Partisipasi untuk 4 WK yang selanjutnya dilakukan Pembukaan dan Pemeriksaan serta Penilaian Akhir oleh Tim Penawaran untuk memberikan rekomendasi pemenang. 

Selanjutnya melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Migas atas nama Menteri ESDM Nomor: 0116.K/13/DJM.E/2019 tanggal 6 Mei 2019 telah ditetapkan Pemenang Penawaran Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi Tahap I Tahun 2019.

Terdapat 2 WK migas yang laku dalam Lelang WK Migas Tahap I 2019 ini yaitu WK Anambas dan WK Selat Panjang. Untuk Blok Anambas dimenangkan oleh Kufpec Regional Ventures (Indonesia) Limited. Sementara untuk Blok Selat Panjang dimenangkan oleh Konsorsium Sonoro Energy Ltd - PT Menara Global Energi.  Sedangkan tiga blok yang belum memiliki pemenang adalah WK West Ganal (Sumatera Utara), West Kaimana (Papua) dan West Kampar (Kepulauan Riau).

Wamen ESDM mengatakan untuk WK Migas yang belum laku, Kementerian ESDM akan segera melakukan proses lelang ulang. "Kami akan re-tender, tujuannya juga untuk memastikan kejelasan sejumlah poin dari proposal yang diajukan perusahaan yang tidak memenangkan tender kali ini," ucap Arcandra. RH