Rabu, 12 Juni 2019

Arus Balik Lebaran, BPH Migas Pantau Fasilitas BBM di Pelabuhan Merak

Cilegon, OG Indonesia -- Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa bersama GM PT. ASDP Indonesia Fery cabang Merak Capt.Solikin dan SER PT. Pertamina (Persero) Cilegon Arif Zarkasi melakukan peninjauan lapangan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1440 H di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (11/06).

Dalam kesempatan tersebut Kepala BPH Migas meninjau beberapa fasilitas di Pelabuhan Merak seperti SPBB 37.42413 Pelabuhan ASDP Merak-Pangkalan II, Dermaga VII dan Dermaga VI, serta Flow Meter (tempat pengisian BBM kapal) Dermaga III.

GM. PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Capt. Solikin menyampaikan bahwa arus mudik dan balik Idul Fitri 1440 H di pelabuhan merak pada tahun ini sangat lancar. "Tidak ada antrian kendaraan yang berarti," ucapnya.


Menurutnya, ini berkat kerjasama yang baik antar Instansi seperti PT. ASDP Indonesia Fery cabang Merak selaku pengelola Pelabuhan Merak, PT. Astra Tol Nusantara selaku pengelola Tol Tangerang-Merak, Polda Banten, dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah VIII Banten. Di mana untuk mencegah antrian kendaraan di Pelabuhan Merak telah dilakukan manajemen lalu lintas dengan menerapkan Vehicle Counting System di Tol Merak.


Sementara untuk ketersediaan BBM untuk kapal di Pelabuhan Merak dan 4 SPBU di sekitar Merak juga dinilai cukup aman mengingat lokasinya yang dekat dengan TBBM Tanjung Gerem, Merak, Banten. 


Untuk tahun ini Pelabuhan Merak juga dilengkapi dengan kapal eksekutif di Dermaga VI dengan berbagai fasilitas seperti waktu tempuh penyeberangan Merak-Bakauheni hanya 1 jam, Mall Pelabuhan dengan fasilitas yang lengkap, ruang tunggu seperti di bandara, dan Fasilitas eksekutif di dalam kapal. 


Atas kelancaran arus mudik dan balik di Pelabuhan Merak tahun ini, PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Merak mendapat apresiasi dari Kapolri dan akan dijadikan contoh SOP pengelolaan pelabuhan di seluruh Indonesia.