Buktikan Serius Eksplorasi, Pertamina Survei Seismik 2D di Selat Malaka

Aceh, OG Indonesia -- Pertamina juga serius untuk menemukan cadangan migas  baru lewat upaya eksplorasi. Salah satunya dengan melakukan survei seismik 2D di Perairan Selat Malaka, Aceh sepanjang 1800 km. 


Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Meidawati mengapresiasi upaya yang dilakukan berbagai pihak guna terlaksananya proses pencarian migas ini, saat melakukan kunjungan ke vessel seismik Elsa Regent, bersama Manajemen Elnusa dan PHE NSO.

"Kegiatan survey seismik ini merupakan langkah penting anak perusahaan PHE, yaitu PHE NSO  yang terus berinovasi dan berkontribusi mendukung ketahanan energi nasional. Sepanjang tahun 2018 hingga pertengahan tahun 2019 PHE telah melakukan pengeboran 6 sumur eksplorasi," ucap Meidawati, Selasa (09/07).

Kegiatan seismik pada tahapan eksplorasi bertujuan untuk mengetahui gambaran bawah permukaan yang akan menjadi dasar pemodelan sistem petroleum untuk dapat mengetahui  lokasi akumulasi hidrokarbon beserta besar cadangannya. Kegiatan 2D Seismik laut ini melingkupi 2 kabupaten  yaitu Aceh Timur dan Aceh Utara  yang berbatasan langsung dengan perairan Thailand dan Malaysia. 

Hasil seismik ini akan mengkonfirmasi potensi akumulasi hidrokarbon yang akan menjadi lapangan andalan untuk menahan laju penurunan produksi. Potensi akumulasi hidrokarbon  ke depannya diproyeksi akan menjadi lapangan pengganti dari Lapangan Gas Arun yang pernah berproduksi sekitar 460 MMCFD.

Dalam kegiatan eksplorasi melalui survey seismik, PHE NSO bekerja sama dengan PT Elnusa Tbk. Selain merupakan salah satu wujud nyata sinergi antar anak perusahaan Pertamina, sekaligus merupakan bukti keseriusan PHE NSO  yang saat ini dikelola dengan PSC Gross Split untuk meningkatkan cadangan migas.

Rencananya survey seismik ini akan selesai pada bulan Juli 2019. Selanjutnya, hasil seismik ini akan ditindaklanjuti dengan seismik processing, interpretation dan modeling sehingga dapat digunakan dalam mengusulkan sumur pemboran eksplorasi untuk peningkatan cadangan. RH
Buktikan Serius Eksplorasi, Pertamina Survei Seismik 2D di Selat Malaka Buktikan Serius Eksplorasi, Pertamina Survei Seismik 2D di Selat Malaka Reviewed by OG Indonesia on Rabu, Juli 10, 2019 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.