Selasa, 09 Juli 2019

Mulai 1 Agustus 2019, Bus Transjakarta Masuk Keliling Kampus UI

Foto: Hrp
Depok, OG Indonesia -- PT Transportasi Jakarta dan Universitas Indonesia pada hari ini, Selasa (09/07), di Ruang Rektorat Kampus UI, Depok, Jawa Barat, menandatangani nota kesepahaman bersama terkait  masuknya layanan bus Transjakarta ke wilayah kampus UI, Depok.

Dikatakan oleh Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Agung Wicaksono, dengan kerjasama tersebut makan mulai 1 Agustus 2019 nanti akan ada 5 rute layanan Transjakarta yang masuk ke dalam kampus UI Depok. Di antaranya 2 rute eksisting yaitu Manggarai-UI dan Lebak Bulus-UI, yang sebelumnya hanya sampai area luar kampus saja. Sementara untuk 3 rute baru adalah Kampung Rambutan-UI lewat Lenteng Agung, Kampung Rambutan UI lewat Jalan Raya Bogor, dan Margonda-UI. 

Dari rute eksisting sudah ada sekitar 35 armada bus Transjakarta. Dengan tambahan 3 rute baru akan ada tambahan sekitar 15 bus untuk setiap rute baru. Sehingga secara total ada sekitar 80 armada Transjakarta yang beroperasi di UI. "Headway-nya nanti setiap lima menit ada busnya," ucap Agung.

Bus Transjakarta tersebut akan beroperasi dari pukul 5 pagi hingga pukul 10 malam sekaligus nantinya akan menggantikan bus kuning UI yang selama ini melayani civitas Universitas Indonesia berkeliling kampus. Seperti halnya bus kuning, bus Transjakarta di UI akan singgah di setiap halte yang sudah ada di depan fakultas-fakultas di wilayah kampus. 

"Tarifnya Rp 3.500, itu untuk yang naik dari luar kampus dan masuk ke dalam, atau dari dalam mau keluar. Kalau dia hanya ada di dalam (kampus) maka bus ini gratis," terang Agung.

Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis, menyambut baik masuknya layanan bus Transjakarta ke dalam wilayah kampus karena akan memudahkan seluruh civitas Universitas Indonesia untuk beraktivitas di kawasan seluas 320 hektar dengan tersedianya moda transportasi publik yang aman dan nyaman.

"Kita berupaya ke transportasi publik. Kita akan kurangi kendaraan pribadi, ke depan malah kalau bisa tidak ada kendaraan pribadi yang masuk ke kampus tetapi transportasi publik yang kita kembangkan, baik sepeda sampai kerjasama dengan Transjakarta," ucap Anis. RH