Kamis, 15 Agustus 2019

Kebakaran Kilang Balikpapan, ESDM: Kalau Ada Kesalahan Kita Kasih Sanksi

Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Kementerian ESDM menegaskan jika ada kelalaian yang menyebabkan kebakaran di kilang Pertamina RU V Balikpapan, maka bisa saja ada yang dikenai sanksi.


"Kalau ada ditemukan kesalahan orang pasti kita kasih sanksi, teguran," kata Djoko Siswanto, Plt Dirjen Migas Kementerian ESDM di Jakarta, Kamis (15/08).

Seperti diketahui, kebakaran terjadi di kilang Balikpapan sekitar pukul 9.30 WITA, Kamis (15/08), dan berhasil dipadamkan oleh pihak Pertamina pada pukul 12.15 WITA. 

Djoko Siswanto mengatakan pihaknya telah meminta Pertamina untuk melakukan investigasi terkait penyebab pasti kebakaran. 

Namun ia mengungkapkan, beberapa kemungkinan penyebab terjadinya kebakaran, mulai dari kegiatan pengelasan pipa sampai terjadinya gesekan logam.

"Kalau timbul api kan karena ada hidrokarbon, ada panas, ada api. Makanya kita cek, apa karena pengelasan atau ada yang merokok atau karena ada gesekan benda logam yang menimbulkan api atau karena ada aliran statis," tuturnya. "Ini masih kita investigasi," sambung Djoko. RH