Rabu, 18 September 2019

Gelaran HLN ke-74 Tinggal 20 Hari Lagi

Jakarta, OG Indonesia -- Hari ini, Rabu (18/9/2019), 20 hari menjelang penyelenggaraan acara Hari Listrik Nasional ke-74 yang berlangsung pada 9-11 Oktober 2019, Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) mengadakan Focus Group Discussion ke 3 berkolaborasi dengan CIGRE indonesia, dengan tema "Large Disturbances Restoration & System Improvement". 


Dalam FGD yang ke 3 pada hari ini, MKI mengambil tema terkait ”black out” yang baru saja terjadi di Jabodetabek, sebagian Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah pada bulan Agustus lalu. FGD ini merupakan bentuk tanggung jawab MKI sebagai stakeholder ketenagaiistrikan nasional untuk memberi masukan agar kejadian serupa tidak terulang dan jika masih terulang, pemulihan sistem bisa lebih cepat. Untuk itu FGD ini fokus pada ”black out lesson learnt, sharing experiences” dari negara lain dan juga dari kejadian padam total, padam sebagian dari sistem-sistem kelistrikan Indonesia sebelumnya. 

MKI sendiri menyatakan sudah siap pada H-20 jelang gelaran seminar dan pameran ketenagalistrikan HLN ke-74. "Kami sampaikan bahwa event kelistrikan nasional terbesar tahunan ini siap digelar dengan tingkat partisipasi dan persiapan sudah mencukupi," ungkap Noesita Indriyani, Ketua Panitia Pelaksana HLN ke-74. 

Dirinci olehnya, hingga saat ini peserta pameran yang sudah konfirmasi ikut HLN ke-74 ada sebanyak 45 perusahaan/institusi yang mengisi sekitar 70% ruang pameran yang disediakan. 

Sementara untuk acara seminar, sudah 100% pembicara internasional dan nasional yang sudah konfirmasi dan siap memaparkan materi. "Untuk opening, sesuai rencana awal, HLN ke-74 akan dibuka oleh Presiden RI yang saat ini masih menunggu konfirmasi," terangnya.

Penyelenggaraan HLN ke-74 merupakan kelanjutan dari HLN-HLN sebelumnya yang sukses dan menjadi forum terkemuka bertaraf internasional bagi para pelaku Industri tenaga listrik nasional dan regional Asia. Dilaksanakan dalam 3 hari, acara ini akan diisi oleh diskusi panelis dan para ahli bidang ketenagalistrikan, pameran yang mencakup seluruh bentuk pembangkit tenaga listrlk, mulai dari pembangkit listrik konvensional hingga energi terbarukan dan alternatif rendah karbon lainnya serta teknologi terkait listrik 4.0. 

Kegiatan lain dari HLN ke-74 ini adalah pengabdian masyarakat yang kali ini dalam bentuk bantuan dana untuk penyambungan listrik untuk sekitar 125 rumah di Provinsi NTT, Papua dan Papua Barat. 

Penyelenggaraan HLN ke-74 mendapat dukungan dari Corporate Sponsor seperti PLN, SSP Holdings, Pertamina, Mitsubishi Hitachi Power Systems (MHPS), Wijaya Karya (WIKA), Wartsila, dan Bukit Asam. Sejumlah media partner juga turut mendukung, antara lain Majalah Tambang, Majalah OG Indonesia, dan Petromindo. RH