Pekerja dan Pelaut Pertamina Tanam Mangrove di Pulau Untung Jawa

Jakarta, OG Indonesia -- Sekitar 150 orang yang berasal dari Serikat Pekerja Forum Komunikasi Pekerja dan Pelaut Aktif Pertamina (SP FKPPA), Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) beserta 18 konstituen serikat pekerjanya, para mahasiswa, serta masyarakat Kepulauan Seribu, bahu-membahu menanam mangrove di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, pada Minggu (22/9/2019).


Diceritakan Nur Hermawan, Ketua Umum SP FKKPA,  bibit-bibit mangrove yang ditanam dalam kegiatan yang bertajuk "Tumbuhkan Mangrove, Tumbuhkan Harapan, Selamatkan Lingkungan" ini berasal dari dana yang disisihkan dari gaji para karyawan Pertamina. 

"Ini sebagai bentuk kepedulian karyawan Pertamina terhadap masyarakat dan lingkungan," ucap Nur Hermawan dalam keterangannya, Senin (23/9/2019).

Diterangkan olehnya, hutan mangrove sangat berperan penting dalam menjaga  garis pantai agar tetap stabil. Mengingat, kehadiran populasi pohon dan semak yang ada pada hutan mangrove dapat melindungi tepian pantai dari terjangan ombak langsung yang berpotensi menghantam dan merusak bibir pantai. 

"Hutan mangrove juga penting untuk melindungi pantai dan tebing sungai dari kerusakan, seperti erosi dan abrasi," jelasnya.

Ia pun berharap aksi para pekerja dan pelaut Pertamina ini dapat menambah tutupan lahan dan pantai sehingga bisa mencegah potensi abrasi serta melindungi kawasan pantai dari ombak besar dan tsunami

Di samping itu, kelestarian hutan mangrove juga bisa menjadi konservasi keanekaragaman hayati serta wahana penyerapan Karbon Dioksida (CO2) di atmosfer.

"Semoga ke depannya, hutan mangrove ini bisa menjadi lokasi ekowisata dan ekopendidikan yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lingkungan Pulau Untung Jawa," pungkasnya. RH
Pekerja dan Pelaut Pertamina Tanam Mangrove di Pulau Untung Jawa Pekerja dan Pelaut Pertamina Tanam Mangrove di Pulau Untung Jawa Reviewed by OG Indonesia on 15.02 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.