Tingkatkan Kapabilitas Karyawan, Tambang Emas Martabe Adakan Sertifikasi Keahlian ke-4

Tapanuli Selatan, OG Indonesia -- PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kompetensi karyawan lokal dari 15 desa di lingkar tambang. Ini ditunjukkan melalui pemberian sertifikat peningkatan keahlian kepada para karyawan lokal di pabrik pengolahan emas, dalam acara Process Operations Operators Certification Ceremony 2019, Selasa (22/10/2019) di Tambang Emas Martabe, Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.


Senior Manager Processing PT Agincourt Resources, Wira Dharma Putra menyatakan secara garis besar, ini adalah upacara penyerahan sertifikasi keempat yang dilaksanakan oleh Processing Production Department. “Pada program sertifikasi  tahun ini total ada 48 orang yang dinyatakan lulus dan kompeten baik itu secara teori dan praktek yang mana semuanya adalah karyawan yang direkrut dari desa-desa di lingkar tambang,” kata Wira.

Pada program sertifikasi kali ini, ada 6 Trainee Operator yang dipromosikan ke level Operator 1, serta 7 orang Operator 1 yang direklasifikasi ke Operator 2. Selain itu perusahaan juga telah mempromosikan 1 orang Operator menjadi Leading Hands di Gold Room serta  mempromosikan 2 orang Operator menjadi Shift Senior Operator. Di saat yang sama, 1 orang Senior Operator juga telah dipromosikan menjadi Shift Supervisor, serta promosi 1 orang Leading Hands menjadi Supervisor di Gold Room.

Wira menjelaskan, proses perekrutan karyawan untuk Processing Production Department dimulai pada bulan Juni 2012 di mana saat itu PT Agincourt Resources merekrut sebanyak 66 orang trainee yang berasal dari desa-desa di sekitar lingkar tambang. Selama satu minggu mereka mengikuti pelatihan pra-operasi di Sibolga, Sumatera Utara. Beberapa minggu setelah mendapatkan pelatihan pra operasi tersebut, tepatnya pada tanggal 24 July 2012 Tambang Emas Martabe berhasil melakukan pouring (penuangan) emas untuk pertama kalinya.

Disebutkan, sertifikasi pertama pada tahun 2016 meluluskan sebanyak 59 orang dan pada tahun 2017 meluluskan sebanyak 66 orang serta sebanyak 52 orang di tahun 2018. Sejak proses sertifikasi berlangsung, perusahaan telah mempromosikan 3 orang menjadi Supervisor Shift dan 1 orang menjadi Supervisor Gold Room serta 2 orang lainnya menjadi Supervisor Day Crew. Di samping itu, kami telah mempromosikan 6 orang menjadi Senior Operator Shift dan 3 orang menjadi Lead Hand di Gold Room serta 2 orang lainnya menjadi Lead Hand di Day Crew.

Sementara itu Presiden Direktur PT Agincourt Resources, Muliady Sutio menyatakan, PT Agincourt Resources terus berkomitmen untuk mempekerjakan sedikitnya 70% tenaga kerja dari masyarakat sekitar tambang dan membinanya agar memiliki kemampuan dan keahlian yang bisa dibanggakan. Dia juga berharap para karyawan terus mengembangkan kemampuan mereka tanpa ada batasan. Saat ini dari total 107 karyawan di bagian Process Operations, 30 orang (28%) di antaranya adalah karyawan perempuan. 

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para staff supervisor di Processing Production  Department yang telah bekerja keras untuk mentraining para karyawan lokal penerima sertifikasi ini hingga mereka mencapai level dan standar seperti saat ini. Dan tentunya ini menunjukkan bahwa transfer pengetahuan dari staff nasional telah berjalan dengan sangat baik. Sungguh pencapaian luar biasa,” kata Muliady. RH
Tingkatkan Kapabilitas Karyawan, Tambang Emas Martabe Adakan Sertifikasi Keahlian ke-4 Tingkatkan Kapabilitas Karyawan, Tambang Emas Martabe Adakan Sertifikasi Keahlian ke-4 Reviewed by OG Indonesia on Rabu, Oktober 23, 2019 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.