Kinerja Eksplorasi Triwulan III 2019, Pertamina EP Temukan 37 MMBOE Cadangan Migas

Ki-Ka: Nanang Abdul Manaf (Direktur
Utama Pertamina EP) dan Achmad Alfian
Husein (Direktur Eksplorasi dan Cadangan
Baru Pertamina EP).
Jakarta, OG Indonesia –- Pertamina EP fokus untuk terus menggenjot kegiatan eksplorasi, mengingat cadangan minyak dan gas bumi (migas) yang ada kian menipis. Sampai dengan kuartal III tahun 2019, dikatakan Nanang Abdul Manaf, Direktur Utama Pertamina EP, untuk kegiatan eksplorasi khususnya aktivitas seismik 2D sudah melampaui target dengan berhasil menjangkau 326 kilometer, sementara untuk seismik 3D berhasil mencapai luas 469 kilometer persegi.

Sementara utuk kegiatan pengeboran eksplorasi, hingga Triwulan III 2019 sudah selesai dibor enam sumur, dan yang masih on going dibor ada dua sumur lagi. “Perkiraan kita di akhir tahun nanti bisa selesai sembilan (sumur) ya,” kata Nanang dalam pemaparan kinerja Triwulan III 2019 Pertamina EP di kantornya, Rabu (23/10/2019).

Ditambahkan Achmad Alfian Husein, Direktur Eksplorasi dan Cadangan Baru Pertamina EP, dari kinerja sembilan bulan pertama di tahun 2019 tersebut, perusahaan telah mengeluarkan dana sekitar US$ 46 juta untuk kegiatan eksplorasi. “Prognosa kita bisa sampai 80-an juta (dollar AS) di akhir tahun,” terangnya.

Alfian mengungkapkan, ada beberapa pengeboran sumur eksplorasi lagi yang akan dilakukan. Yaitu di sumur ASB-2 di Jawa Barat yang diharapkan dalam seminggu ke depan bisa dilakukan spud-in. Ada lagi sumur Kusuma Harum di Sumatera Selatan yang mungkin mulai dilakukan spud-in pada pertengahan hingga akhir November 2019. Satu lagi ada sumur Wolai-2 di Matindok, Sulawesi Tengah, yang diperkirakan dapat dilakukan spud-in setelah tanggal 17 November 2019.

Sedangkan untuk temuan cadangan migas dari kegiatan eksplorasi, dikatakan Alfian, untuk temuan 2C minyak sampai kuartal III 2019 sudah sebanyak 23 MMBO (juta barel minyak). Sementara untuk temuan gasnya sekitar 102 BCF. 

“Kalau diekuivalenkan sekitar 37 MMBOE (juta setara barel minyak). Progonosa kita di akhir 2019 sementara kita plot sekitar 51 MMBOE, ini kita belum memasukkan beberapa potensi yang belum dieksekusi. Mudah-mudahan kalau sudah dilakukan bisa menambah lagi sedikit,” pungkasnya. RH

Kinerja Eksplorasi Triwulan III 2019, Pertamina EP Temukan 37 MMBOE Cadangan Migas Kinerja Eksplorasi Triwulan III 2019, Pertamina EP Temukan 37 MMBOE Cadangan Migas Reviewed by OG Indonesia on 09.42 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.