Universitas Pertamina Buka Pendidikan Vokasi untuk Dukung Modernisasi Kilang Pertamina

Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Memasuki tahun keempat berdirinya Universitas Pertamina, perguruan tinggi di bilangan Simprug, Jakarta Selatan ini akan membuka pendidikan vokasi untuk memenuhi sumber daya manusia (SDM) terampil untuk bekerja di kilang-kilang Pertamina. PT Pertamina (Persero) sendiri saat ini sedang gencar memodernisasi kilang lama serta membangun kilang baru di berbagai daerah di Indonesia.


"Saat ini Pertamina sedang memodernisasi kilangnya, tentu perlu tenaga terampil saat membangunnya, dan inginnya kan tenaga terampil tersebut dari daerah setempat. Lalui setelah pembangunannya selesai kan nanti ada yang mengoperasikan, jadi itu juga perlu (tenaga terampil)," kata Akhmaloka, Rektor Universitas Pertamina dalam acara media gathering Universitas Pertamina di Thumbs Up Cafe, Simprug, Jakarta Selatan, Selasa (28/1/2020).

Dibukanya pendidikan vokasi oleh Universitas Pertamina tersebut memang untuk memenuhi kebutuhan akan SDM yang mumpuni untuk menjalankan proses bisnis, termasuk di kilang-kilang Pertamina.

"Kita sedang working out bagaimana kalau kita bikin program vokasi, tapi lokasinya bukan di sini (Kampus Simprug), multi kampus di kilang-kilang seperti di Balikpapan, Cilacap, dan lain-lain," 

Dipaparkan Akhmaloka, pihaknya telah melakukan MoU dengan lima politeknik untuk mengembangkan pendidikan vokasi tersebut. Di antaranya STT Migas Balikpapan, Politeknik Negeri Samarinda, Politeknik Negeri Balikpapan, Politeknik Negeri Cilacap, dan Akamigas Balongan.

"Untuk prodinya adalah bidang-bidang vokasi yang dekat dengan pekerjaan-pekerjaan kilang. Tapi tidak an sich oil and gas saja, karena pendukungnya banyak dari mesin, komputer, macam-macam," pungkas Akhmaloka. (RH/Migas Indonesia)



Universitas Pertamina Buka Pendidikan Vokasi untuk Dukung Modernisasi Kilang Pertamina Universitas Pertamina Buka Pendidikan Vokasi untuk Dukung Modernisasi Kilang Pertamina Reviewed by OG Indonesia on 14.53 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.