Selasa, 04 Februari 2020

Akan Ada Truk Listrik di GIICOMVEC 2020

Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Kendaraan komersial listrik akan turut meramaikan pameran otomotif khusus kendaraan komersial GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 yang akan digelar pada 5-8 Maret 2020, di Jakarta Convention Center (JCC).


"Dari para peserta kami disampaikan, saya dengar ada yang akan memamerkan kendaraan listrik, truk (listrik) itu ada," kata Rizwan Alamsjah, Ketua III GAIKINDO, yang juga ketua penyelenggara GIICOMVEC 2020, di Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Di penyelenggaraan yang ke-dua kalinya ini, GIICOMVEC dipastikan akan menghadirkan tiga puluh enam merek. Pesertanya berasal dari agen pemegang merek (APM) seperti Daihatsu, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, UD Trucks, dan United Tractors. 

Masih ada lagi industri pendukung, seperti Adi Putro dari Industri karoseri, Alcoa Wheels, Aspira, Astra Otoparts, Blackvue, BRQ, GS Astra, Himawan Putra, Incoe, MRF Tyres, PanaOil, Techindotama, Topy, Trubo Engineering, Wintor, yang mewakili industri pendukung otomotif Indonesia seperti suku cadang, aksesoris, dan fitur teknologi.

Diterangkan Rizwan, dalam GIICOMVEC 2020, GAIKINDO juga akan menghadirkan pameran yang lebih komprehensif, di mana visitor dapat menemukan solusi kebutuhan mereka di satu tempat, mulai dari kendaraan komersial, karoseri yang dapat membuat khusus body kendaraan, hingga aksesoris yang dibutuhkan untuk kegiatan bisnis.

GIICOMVEC 2020 mendapatkan dukungan dari beberapa asosiasi terkait industri kendaraan komersial Indonesia pada pameran GIICOMVEC 2020, seperti Asosiasi Karoseri Indonesia (ASKARINDO), Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO), Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), dimana asosiasi-asosiasi tersebut akan berpartisipasi dan mendukung berbagai program yang diselenggarakan sepanjang pameran berlangsung. 

Kehadiran asosiasi terkait diharapkan akan memberikan kesempatan networking yang besar bagi para pebisnis yang hadir di GIICOMVEC 2020. “Kami ingin menjadikan GIICOMVEC sebagai sebuah ajang yang komprehensif tidak hanya menjadi memamerkan yang terkini dari industri kendaraan komersial, namun juga sebagai ajang bertemunya pelaku bisnis kendaraan komersial, karoseri, pengusaha truk, logistik dan lainnya,” ujar Rizwan.

Sementara itu Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO mengungkapkan bahwa lewat GIICOMVEC, GAIKINDO menghimbau kepada semua peserta GIICOMVEC untuk menampilkan produk yang sesuai dengan ketentuan yang ditentukan Kementerian Perhubungan. Dengan demikian, diharapkan para pebisnis juga akan mendapatkan sosialisasi tepat tentang pentingnya menggunakan produk yang sesuai dengan standarisasi keselamatan kendaraan komersial. 

"Harapan GAIKINDO dengan sosialisasi yang dilakukan pada pameran GIICOMVEC 2020 ini, para pebisnis akan lebih menyadari pentingnya selalu menjaga dan memastikan tersedianya berbagai alat keselamatan dalam angkutan niaga bisnisnya,” tutur Yohannes. Menurutnya, kepedulian dan kepatuhan akan hal tersebut akan dapat mengurangi angka tingkat kecelakaan kendaraan komersial di Indonesia. R3