Selasa, 04 Februari 2020

Jurusan Teknik Perminyakan Masih Jadi Favorit

Acara Dies Natalis ke-4
Universitas Pertamina.
Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Universitas Pertamina sudah berdiri selama empat tahun. Sepanjang berdirinya kampus yang berada di bawah naungan Pertamina tersebut, ternyata jurusan Teknik Perminyakan masih menjadi favorit atau pilihan bagi mahasiswa yang ingin menimba ilmu di sana.


"Kalau kita lihat, animo masyarakat untuk (Teknik) Perminyakan masih tinggi, kemudian baru Teknik Geologi, Teknik Kimia, sama (Teknik) Logistik, jadi sekitar itu yang besar (peminatnya)," ucap Akhmaloka, Rektor Universitas Pertamina di acara Dies Natalis ke-4 Universitas Pertamina di Gedung Wanita Patra, Simprug, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Akhmaloka menjelaskan nama universitas yang dipimpinnya yang ada embel-embel Pertamina mungkin membuat banyak orang tertarik mengambil jurusan Teknik Perminyakan di Universitas Pertamina. "Karena ada Pertaminanya makanya bayangannya ke perminyakan sehingga itu yang paling tinggi peminatnya," jelasnya.

Universitas Pertamina didirikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 60/KPT/I/2016 yang diterbitkan pada tanggal 1 Februari 2016 tentang izin pendirian Universitas Pertamina. Dan peresmian universitas itu sendiri dilakukan pada tanggal 11 Februari 2016 oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi beserta Direktur Utama PT. Pertamina (Persero), yang didukung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Pengelolaan Universitas Pertamina dilakukan oleh Yayasan Pertamina atau Pertamina Foundation.

Dalam acara Dies Natalis ke-4 Universitas Pertamina hari ini diisi dengan sidang terbuka. Di mana pembukaan sidang dilakukan oleh Rektor Universitas Pertamina. Kemudia dilanjutkan dengan orasi ilmiah dari Suharso Monoarfa, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional yang menyampaikan topik mengenai arah kebijakan dan strategi meningkatkan Sumber Daya Manusia berkualitas dan berdaya saing dalam rangka merealisasikan SDM unggul, Indonesia Maju.

Dalam rangkaian Dies Natalis ke-4 Universitas Pertamina berlangsung juga penandatanganan MoU dengan Yayasan Medco, PD Pal Jaya, PT. Indra Karya, The Purnomo Yusgiantoro Center, PT Pelni, dan GPEI Jateng, serta Perjanjian Kerjasama dengan Bazma, PT Perikanan, dan PT Yodya Karya.

Di penghujung acara diakhiri dengan penampilan kolaborasi yang memukau antara UKM Kesenian Daerah, UKM Paduan Suara, dan UKM Orchestra, serta pemberian anugerah penghargaan kepada 23 mahasiswa Universitas Pertamina-Study Abroad (UP-SA), 6 mahasiswa berprestasi, 3 dosen terbaik, dan 3 tenaga kependidikan terbaik dengan diiringi instrumental Orchestra Universitas Pertamina. (R3/Migas Indonesia)