Kamis, 26 Maret 2020

Ini Ikhtiar BPMA Tangkal Virus Korona

Banda Aceh, OG Indonesia -- Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) melakukan dua fokus ikhtiar dalam strategi pencegahan penyebaran virus korona atau COVID-19 di lingkungan kantornya, yaitu ikhtiar menghindari paparan dan ikhtiar pencegahan.


Ikhtiar pertama dilakukan dengan kebijakan work from home sebagaimana anjuran Pemerintah. BPMA sendiri melakukan kampanye penyadaran publik melalui spanduk dan banner yang dipasang di lingkungan kantor BPMA.

Sementara ikhtiar kedua dengan mencegah paparan virus melalui beberapa kegiatan, seperti pengelapan rutin terhadap benda dan fasilitas kantor serta pada ruang kemudi dan penumpang mobil operasional, termasuk penyediaan makanan peningkat imun tubuh seperti jambu biji untuk pegawai yang perlu datang ke kantor.

Untuk ikhtiar pencegahan yang dilakukan BPMA juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area kantor pada Senin, (23/03/2020) lalu.

Plt. Kepala Divisi Keuangan, Internal dan Umum, Irham M. Amin menyebutkan penyemprotan dilakukan oleh pihak Dompet Dhuafa (DD), selaku pihak yang telah melaksanakan penyemprotan di Mesjid Raya Baiturrahman, beberapa Mesjid-mesjid lain di Banda Aceh dan Aceh Besar, serta  beberapa instansi swasta.

Irham pun turut berkoordinasi dengan Hafizullah M. Nur selaku Plt. Kepala Divisi Penunjang Operasi yang bersertifikasi ahli K3 Migas, untuk melakukan pre-assessment melalui diskusi dengan pihak DD tentang tata cara penyemprotan, APD dan bahan yang digunakan.

"Berdasarkan hasil pre-assessment, sejauh ini prosedur kegiatan penyemprotan telah memenuhi minimum requirement dan hasilnya dapat diterima. Bahan yang digunakan berbasis chlorine yang ramah lingkungan terhadap material plastik dan logam," terang Irham, Kamis (26/3/2020).

Tindakan pelengkap pencegahan lainnya guna mengantisipasi dampak dari wabah COVID-19 yang juga telah dilakukan oleh manajemen BPMA adalah penyediakan hand-sanitizer bagi para pekerja serta tamu yang berada di lingkungan kantor, pengisian health declaration form bagi tamu yang berkunjung ke kantor BPMA, serta melakukan pengecekan suhu tubuh.

"Manajemen BPMA juga tengah memesan tempat pencucian tangan dan ruang diinfeksi tubuh yang akan diadakan dalam waktu dekat ini. BPMA turut mengajak masyarakat khususnya di Aceh untuk selalu menjaga kesehatan serta higienitas jika berada di area publik," pungkasnya. R3